**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 28 Februari 2012

Ratusan Penegak Putri Unjuk Ketrampilan


“Girl Guides and Girl Scout Meeting 2012”

Slawi – Ada pemandangan berbeda di Gugusdepan (Gudep) Pangkalan SMK 1 Slawi, tampak ratusan anggota Pramuka Putri dari berbagai 23 pangkalan SMA/SMK/MA se Kabupaten Tegal unjuk kemampuan dan ketrampilannya masing-masing.

Mereka bersaing dan berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan yang digelar oleh Gudep SMK Negeri 1 Slawi yang terbalut dalam kegiatan Girl Guide and Girl Scout Meeting (GSM) tahun 2012, Minggu (26/02) belum lama ini.
Adapun jenis mata lomba yang diujikan yaitu memasak dan menata meja makan (keputrian), Lomba tata busana Indonesia, LCK, IT, micro teaching (scouting princess), Pertolongan Pertama,tata cara pengibaran bendera (Scouting Skill).

“Kegiatan ini dapat menjadi Pilot Project untuk kegiatan di pangkalan Penegak diwilayah kwarcab 11.28 Tegal,” ungkap Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,M.Kes MMR didamping Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY dan Sejumlah Pembina SMK 1 Slawi saat meninjau kegiatan.

Menurut Joko, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi generasi muda karena memberikan ketrampilan secara langsung bagi anggota Pramuka.

“Pramuka putri dituntut bisa memasak menu makanan, terlebih pada kegiatan scouting princess, penegak putri membuat presentasi dengan laptop sekaligus berbusana ala pahlawan Indonesia. Jelas ini sangat besar manfaatnya,” tandasnya.

Joko berharap kegiatan sejenis yang dapat menyentuh langsung manfaatnya bagi anggota pramuka agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya.

“Saya harap kegiatan ini, bisa dipertahankan dan bila perlu dipertahankan,” harap Direktur RSUD Dr Soesilo Slawi itu.

Sebelumnya Kepala SMK Negeri 1 Slawi, Purwanto Hadi Susetyo, S.Pd selaku Ketua Mabigus saat membuka secara resmi kegiatan, mengaku prihatin dengan maraknya aksi tawuran pelajar yang sering terjadi belakangan ini, sehingga kegiatan perlombaan yang bernuasi ketrampilan ini diharapkan bisa menjadi solusi berbagai masalah kaum muda khususnya para pelajar.

“Jadikan kegiatan GGM ini sebagai ajang silaturahmi antar Pramuka penegak putri dan unjuk prestasi khususnya di bidang Kepramukaan,” katanya.

Adapun peserta yang berhasil meraih kejuaraan yaitu Lomba Keputrian, Juara 1 diraih MAN Babakan Lebaksiu, Juara 2 SMK NU 1 Slawi, dan Juara 3 SMK Negeri 2 Slawi. Pada mata lomba Scouting Princess Juara 1 SMA Negeri 1 Bojong, Juara 2 SMA Negeri 2 Slawi, dan Juara 3 SMA Negeri 1 Slawi.

“Untuk mata lomba Scouting Skill, Juara 1 disabet SMA Negeri 1 Slawi (A), Juara 2 SMA Negeri 1 Slawi (B), dan Juara 3 SMK Negeri 1 Slawi. Adapun untuk juara umum diraih SMA Negeri 1 Bojong, sehingga berhak atas tropi bergilir Ketua Kwarcab 11.28 Tegal,” terang Pembina Gudep SMK Negeri 1 Slawi, Sri Retnoningsih, S.Pd.

Dirinya mengaku puas dan bangga dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan sukses dan lancar tanpa adanya halangan apapun meski sempat diguyur hujan selama 1 jam lebih.
“Panitia sangat puas dengan penyelenggaraan ini, kegiatan berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar