**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 15 Februari 2012

Bentuk Watak dan Kedewasaan Peserta Didik


Slawi – Dalam rangka melatih jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kemantapan mental, fisik, pengalama dan ketrampilan peserta didik khususnya anggota Pramuka Siaga. Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) 11.28.08 Slawi menggelar ujia kemampuan dan kecakapan Siaga yang dikemas dalam Pesta Siaga tingkat Kwarran.

Kegiatan yang dipusatkan di dua tempat yaitu SD Negeri Dukuhwringin 02-03 dan lapangan Dukuhwringin itu, dibuka secara resmi oleh Camat Slawi, Abuseri, S.IP selaku Ketua Mabiran  yang ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (15/2) kemarin.
Berkesempatan hadir jajaran Muspika lengkap yaitu Kapolsek Slawi, AKP Supriyadi, Danramil Slawi, Kapten Fatkhur Rohman, Kepala UPTD Dikpora Slawi, Drs Dirun, Pengurus Kwarran 11.28.08 Slawi, Pembina Gudep SD/MI se Kwarran 11.28.08 Slawi beserta undangan lainnya.

Abuseri, S.IP dalam sambutannya menegaskan pendidikan Pramuka bermanfaat dalam membentuk watak dan kedewasaan peserta didik (pesdik) seperti halnya Pramuka Usia Siaga.

“Lewat kegiatan ini akan terbentuk watak dan kedewasaan,”tegasnya.

Selain itu, sambung Abuseri, pendidikan Pramuka juga menjadi sarana estafet kepemimpinan bangsa karena mencetak kader pemimpin bangsa.

“Pramuka juga menjadi sarana estafet kemimpinan bangsa,” tandasnya

Abuseri juga berharap, Pesta siaga bisa dijadikan ajang silaturahmi bagi peserta didik (pesdik) khususnya usia pramuka Siaga dan Gugusdepan di wilayah Kwarran Slawi.

“Jadikan Pesta Siaga ini, untuk menjalin silaturahmi sesama peserta didik,” harapnya.

Ketua Kwarran 11.28.08 Slawi melalui Ketua Panitia Kegiatan, Wiyarso, S.Ag menjelaskan sebanyak 44 pangkalan Gugusdepan (gudep) turut ambil bagian dalam gelaran Pesta siaga tahun 2012.

“Pesta Siaga kali ini diikuti 880 pramuka siaga,” terangnya disela kegiatan.

Dari hasil kegiatan, lanjut Wiyarso, akan diambil barung siaga tergiat putra dan putri yang akan mewakili Kwarran 11.28.08 Slawi dalam gelaran yang sama ditingkat cabang.

“Peserta tergiat putra dan putri akan menjadi wakil Kwarran di tingkat Cabang,” ungkap Wiyarso.

Sementara kegiatan dibagi dalam beberapa warung antara lain Warung Imtaq, yel barung, pengetahuan, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Pengetahuan Umum, Seni Budaya dan Bumbung kemanusiaan. (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar