**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 07 Maret 2012

6 Barung Maju Tingkat Binwil


Slawi – Enam Barung tergiat 1, 2, dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang 11.28 Tegal yang digelar di Sekretariat Pemkab Tegal, Minggu (4/3) dipastikan maju tingkat Binwil Pekalongan.

Enam barung tersebut yaitu barung putra berasal dari SD Guci 01 Kwarran Bumijawa yang meraih tergiat 1, SD N Pengarasan Kwarran Dukuhturi sebagai tergiat II dan SD Kalisapu 04 Kwarran Slawi yang menyabet tergiat III. Sedangkan untuk barung putri berasal dari SD N Kebasen 01 Kwarran Talang yang menyabet tergiat I, SD N Pagerkasih 01 Kwarran Bumijawa sebagai tergiat II dan SD N Kalisalak 02 Kwarran Margasari sebagai tergiat III.  
“Keenam barung tergiat tersebut, berhak maju tingkat Binwil Pekalongan 18 Maret 2012 mendatang di Kota Tegal,” kata Ketua Panitia Pesta Siaga, Makmuri, S.Pd kemarin.

Kegiatan Pesta Siaga, sambung Makmuri, diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan, pegetahuan, pengalaman dan ketrampilan peserta didik (pesdik), sehingga dapat mengembangkan kemampuan dirinya.

“Diharapkan adik-adik Siaga mampu mengaplikasikan apa yang diperolehnya dalam kegiatan,”tukasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum saat membuka kegiatan Pesta Siaga mengatakan istilah Pesta Siaga bagi yang belum memahami pendidikan Kepramukaan mungkin dianggap kurang tepat, karena dapat dikonotasikan menghambur-hamburkan biaya dan hura-hura.

“Istilah ‘pesta’ untuk kegiatan pesta siaga, memang mengajak anak usia siaga untuk bergembira, bermain, unjuk ketrampilan yang mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan karakter. Unjuk ketrampilan dan kemampuan tersebut memang dinilai, tetapi harus dalam suasana ceria, penuh kekeluargaan, anak harus bebas dan tidak merasa ada tekanan dan beban, serta diharapkan dapat berjalan alamiah sesuai perkembangan kejiwaannya,” tegas Wakil Bupati.

Dikatakan Wabup, sebagaimana diamanatkan UU Nomor 12 tahun 2010, pendidikan Kepramukaan dilaksanakan berdasarkan pada nilai dan kecakapan dalam upaya membentuk kepribadian dan kecakapan hidup pramuka.

“Inti kurikulum pendidikan Kepramukaan antara lain mencakup keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME; kecintaan pada alam dan sesama manusia; kecintaan pada tanah air dan bangsa; kedisiplinan, keberanian dan kesetiaan, tolong menolong; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; jernih dalam berfikir dan berbuat; hemat cermat, bersahaja, rajin dan trampil,” tandasnya yang juga Ketua Harian Mabicab Tegal.

Hadir dalam pembukaan antara lain jajaran Mabicab antara lain Dandim 0712 / Tegal, Letkol ARH Elman Nawendro, Asisten II Sekda, Drs H Agus Subagyo, MM, Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, .M.Kes, Camat selaku Ka Mabiran, Pengurus Kwarcab, dan Ketua Kwarran se Kwarcab 11.28 Tegal.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY dan diisi dengan penampilan Grup Angklung dari SD Kebasen 01 Kwarran Talang. (Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar