Kwarcab Tegal
**DIRGAHAYU GERAKAN PRAMUKA KE - 53 dan DIRGAHAYU KEMERDEKAAN RI Ke - 69** Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Indonesia Melalui Gugus Depan Terakreditasi" * SELAMAT DAN SUKSES Atas Diraihnya TUNGGUL TERGIAT I Bidang Humas Abdimas tingkat Kwarda Jateng Untuk Kali Ketiga - Semoga Terus Berprestasi*

Senin, 04 Agustus 2014

Papan Nama Kwartir dan GUDEP

(Disalin sesuai dengan isi Lampiran Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 162.A Tahun 2011 Tentang Sistem Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka).


Untuk membantu jajaran Kwartir Gerakan Pramuka dan Satuan Pramuka, admin berupaya menyajikan bentuk Papan nama Kwartir dan Satuan Gudep/Saka. Memang keterangan yang ditulis di sismintir terbaru ini kurang begitu jelas, karena contoh yang diberikan adalah gambar plang Kwarnas. Gambar yang ditampilkan pun tidak mewakili ukuran yang seharusnya, silahkan kakak lihat gambar di bawah ini, gambar ini kami scan dari buku sismintir terbitan langsung dari kwarnas :

Coba kakak perhatikan gambar di atas, gambar latar belakang tunas kelapa yang berwarna kuning itu seolah-olah adalah sebuah persegi, tapi ukuran yang ditulis adalah 166 cm x 100 cm. Jadi bentuk asli dari papan nama ini tidak akan sebagus yang ada di buku petunjuk. Perlu diingat bahwa panjang kolom kanan dan kiri (100 cm pada gambar di atas) adalah 20 % dari panjang keseluruhan, karena untuk tingkat daerah ke bawah, ukuran panjang kolom kanan dan kiri tidak disebutkan di buku sismintir, jadi penulis membuat perbandingan sendiri untuk menentukan ukuran papan nama kwarda ke bawah. Sedangkan ukuran panjang kolom tengah adalah 60% dari panjang keseluruhan, pada gambar di atas adalah 60% dari 500 cm = 300 cm. Font yang digunakan untuk menuliskan nama Kwartir adalah ARIAL.


Di bawah ini adalah contoh gambar-gambar papan nama Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, Gudep dan SAKA. Gambar-gambar ini adalah gambar hasil perkiraan kami, karena memang petunjuk yang sudah ada belum benar-benar lengkap. Jika kakak menemukan kesalahan dalam gambar ini dan mempunyai petunjuk yang otentik, mohon memberikan komentar dan akan segera kami perbaiki.








Mungkin kakak menemukan warna yang tidak matching, ukuran yang tidak sesuai, kurang menarik dan lain-lain. Tapi inilah yang ada di manual book (sismintir) dan tentu saja harus kita ikuti dan terapkan di lapangan.

Untuk Mendownload petunjuk lengkapnya silahkan kakak Klik Disini

Papan nama dipasang, didirikan atau digantung di muka gedung tempat sekretariat bekerja. Perlu diusahakan dan dipilih tempat yang mudah terlihat bahkan menarik perhatian orang yang melewati gedung itu. Ketinggian pemasangan dari batas papan nama sampai kepermukaan tanah adalah 1,50 m.

Demikian sedikit tentang gambaran papan nama Kwartir, Gudep dan Saka dari kami, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran mohon tinggalkan komentar. Salam Pramuka!

Update : Agustus 2014

1 komentar:

Poskan Komentar