**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 18 Februari 2012

Mengapa Ada Lomba Tingkat Penggalang

Bahwa “berlomba” merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Ikut lomba bisa bikin siapapun berusaha mencapai keinginan untuk berhasil. Kegiatan yang diikuti oleh golongan Pramuka Penggalang ini memiliki anggota sebanyak 8 orang tiap regunya. Jadi LT ( lomba Tingkat ) merupakan pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan.
LT adalah salah satu alat untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang, sejauh mana para pembina di daerah melatih dan membekali peserta didik dengan berbagai ketrampilan, kecakapan, pengetahuan dan menerapkan pendidikan latihan di satuan pangkalannnya masing-masing.

LT dilaksanakan secara berjenjang, dari LT I sampai dengan LT V di tingkat Nasional, dan Peserta LT yang ikut di kegiatan ini adalah pemenang dari LT di tingkat sebelumnya, pramuka Penggalang yang ikut LT juga tidak berubah, artinya tiap regu tidak boleh berganti orang, maka di kegiatan LT ini tidak ada peserta cadangan layaknya pertandingan sepakbola atau pertandingan lainnya pada umumnya. Tapi perlu diingat LT ini bukan semacam pertandingan atau mengadu atlet pramuka karena LT adalah Kegiatan yang berbentuk perlombaan yang dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, dengan tujuan untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Satya dan Darma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang.
Selanjutnya LT dilaksanakan dalam suasana riang dan gembira, persaudaraan, gotong-royong dan saling membantu, serta memberi kesan yang baik kepada para peserta, para pelaksana, para orang tua dan masyarakat.
Dalam LT ini menggunakan istilah berprestasi untuk menggantikan istilah menang dan juara dengan maksud menghindari perbuatan-perbuatan yang semata-mata untuk mengejar kemenangan dan kejuaraan, melainkan untuk meningkatkan prestasi serta kesehatan mental dan fisik para pesertanya.
Karenanya keberhasilan satuan regu tidak hanya dinilai dari sisi keberhasilan material saja akan tetapi juga keberhasilan dalam pembentukan karakter bagi pramuka Penggalang, itulah sebenarnya layak diberikan sebutan bagi Regu Berprestasi.
by : Kanda Goen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar