**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 19 Februari 2012

Bantuan APBD II Untuk Pramuka Turun


Slawi – Bantuan dari APBD II Kabupaten Tegal tahun 2012 untuk kegiatan Pramuka mengalami penurunan. Sebelumnya yaitu pada tahun 2011, Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal mendapat hibah dari APBD II sebesar 180 Juta rupiah.

“Bantuan APBD II untuk Pramuka tahun 2012 yaitu sebesar 100 juta rupiah,” ungkap Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal saat Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Program kegiatan tahun 2012 di Pendopo Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal, Sabtu (18/2) lalu.

Meskipun bantuan APBD mengalami penurunan, kata Joko, yaitu sebesar 80 Juta dibanding tahun lalu (2011.red), namun tidak membuat semangat Pramuka dalam melaksanakan kegiatan turun.

“Dengan penurunan tersebut, hendaknya tidak membuat semangat kita ikut turun,” pintanya.

Menurut Joko, untuk mengatasi permasalahan terkait anggaran, akan dilakukan upaya – upaya untuk menaikan anggaran yaitu dengan melakukan advokasi dengan SKPD terkait, seperti Bappeda maupun Dikpora.

“Kita akan berupaya pada APBD Perubahan untuk menaikan anggaran Pramuka. Jika perlu kita akan menghadap pak Sekda atau Wabup, mohon do’anya saja,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut Joko juga berharap, guna ikut menopang kegiatan Pramuka hendaknya dapat dimaksimalkan dengan iuran anggota pramuka baik dari Pembina maupun peserta didik (Pesdik).

“Tahun ini, iuran anggota tidak naik. Besarannya tetap yaitu mabi dan pembina Rp 1000, Penegak/Pandega Rp 750, Penggalang dan Siaga Rp 500 per tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo, MM mengingatkan kepada pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) agar jangan ragu – ragu dalam melangkah dan melaksanakan program, terlebih dengan adanya UU Pramuka.

“Kwarran bergerak dengan alur dan prosedur, beritahu Camat selaku Ka Mabiran. Selanjutnya Camat yang akan mengkoordinasikan Mabi lain,” tandasnya.

Rakercab yang mengambil “Memperkokoh eksistensi kelembagaan dan meningkatkan kualitas kegiatan menuju organisasi yang sehat, efektif, dinamis, professionaldisampaikan laporan pelaksanaan program kegiatan tahun 2011 dan paparan rencana kegiatan tahun 2012.

“Rakercab dihadiri unsur Pimpinan/lembaga Kwarcab, Pinsaka dan Kwarran se Kwarcab Tegal,” terang Sekretaris Kwarcab sekaligus Panitia Rakercab, Prawoto SY. (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar