**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 02 Desember 2014

Peringati Hari AIDS, Pramuka Sumbangkan Darah



SLAWI - Mengambil momentum peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2014, puluhan Pramuka menyumbangkan darahnya pada aksi donor darah, Jum’at (28/11) di Sanggar Pramuka setempat. Aksi digagas bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (Abdimas dan Humas) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dan Komisi Penanggulangan AIDS dengan menggandeng Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tegal. Dalam kegiatan yang diikuti Pengurus Kwarcab, Anggota DKC, Pramuka Penegak Pandega, anggota SAKA dan sejumlah masyarakat berhasil mengumpulkan 10 kantung darah.

Ketua Kwarcab Tegal dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR mengatakan aksi donor darah digelar dalam rangkaian Hari Pramuka tahun 2014 dan peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2014. "Aksi ini juga merupakan bagian dari kegiatan Pramuka Peduli," katanya didampingi Waka Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo MM.

dr Joko menambahkan, meski tidak mencapai target yang ditentukan, aksi donor kali ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah masyarakat yang membutuhkan. Hal itu lantaran, puluhan Pramuka Penegak yang hadir ternyata tidak memenuhi persyaratan yakni usia belum mencapai 17 tahun.
"Alhamdulillah aksi berjalan sukses, meski hanya mampu mengumpulkan 10 kantung darah dari target 20 kantung / lebih. Hal ini, karena banyak calon pendonor yang tidak memenuhi syarat untuk diambil darahnya seperti usia belum 17 tahun, tensi rendah dan lainnya," tambahnya.

Terpisah Direktur UDD PMI Kabupaten Tegal, dr Titien Widyaningsih menyambut baik aksi donor darah yang digelar oleh Kwartir Cabang Tegal dan KPA yang menggandeng UDD PMI Kabupaten Tegal. "Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kwarcab atas upaya Kwarcab Tegal menggelar aksi donor ini. Mudah - mudahan kegiatan semacam ini, bisa menjadi agenda rutin pramuka," tuturnya.

Dikatakannya, dengan adanya aksi donor darah ini, dapat membantu mencukupi persediaan dan stok darah di UDD PMI Kabupaten Tegal. "Pihak UDD merasa terbantu, dengan adanya aksi doras ini otomatis menambah stok darah di UDD PMI," ungkapnya

Selain menggelar aksi donor darah peringatan Hari AIDS Sedunia juga diisi dengan aksi menolak Diskriminasi ODHA, Seks bebas dan narkoba. Aksi Donor darah terkumpul 10 kantung darah. (Hms/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar