**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 14 Desember 2014

66 Pramuka Ikuti Seleksi UBALOKA



SLAWI - Sebanyak 66 anggota Pramuka dari berbagai pangkalan di Kabupaten Tegal mengikuti seleksi calon relawan SAR Pramuka yang tergabung dalam Korps Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA). Seleksi digelar sela 2 hari yakni Sabtu-Minggu (13-14/12) di Kolam Renang Bangun Tirta GOR Trisanja Slawi dan Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal.

Pengurus DKC Tegal, Wiwit Rian Alfiat mengataka, peserta seleksi berasal dari Pramuka penegak dan pandega utusan dari Pangkalan Gugusdepan (Gudep), Satuan Karya (SAKA) dan Kwartir Ranting se- Kabupaten Tegal. “Peserta mencapai 66 Pramuka melebihi kuota yang ada yakni 56 orang,” jelasnya.

Dijelaskan, meskipun Kwarcab Tegal melalui Dewan Kerja Cabang membatasi pengiriman peserta setiap pangkalan sebanyak 1 orang, tetapi peserta tetap banyak dan ada yang mengirimkan lebih dari satu “Meski dibatasi, tetap saja yang mengirimkan lebih dari 1 orang. Pembatasan ini dikandung maksud agar seleksi berjalan baik sesuai kemampuan SDM. Selain itu juga untuk pemerataan disemua pangkalan,” katanya

Komandan Ubaloka Cabang, M Oki Mualimin mengungkapkan, para peserta diwajibkan mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang disiapkan sangga kerja yakni tes kemampuan renang di kolam renang bangun tirta GOR Trisanja Slawi. “Tes ini antara kemampuan menyelam dan berenang gaya bebas,” terangnya.

Selanjutnya, pada hari kedua ujar Oki, peserta wajib mengikuti tes kemampuan jasmani dan kesemaptaan yang meliputi berlari lapangan selama 5 menit dilanjutkan dengan push up, set up, back up dan sdown up masing-masing 1 menit. “Test jasmani ini menjadi salah satu syarat mutlak. Karena fisik yang kuat diperlukan saat dilapangan membantu orang,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah melaksanakan tes kesamaptaan, peserta kemudian mengikuti interview. Interview ini berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh minat serta kesanggupan peserta seleksi dalam mengikuti Gladi Tangguh Ubaloka, termasuk dukungan dari pihak sekolah dan utamanya dari pihak orang tua. “Karena Anggota UBALOKA nantinya memiliki tugas yang tidak mudah, yaitu bertugas di bidang kemanusiaan khususnya di Search and Rescue (SAR). Disamping itu juga melaksanakan tugasnya sebagai anggota Pramuka dan sebagai pelajar,” bebernya

Dari 66 peserta, berhasil memenuhi persyaratan dan lolos seleksi yakni sebanyak 53 calon anggota UBALOKA terdiri dari 39 putra dan 14 putri. Mereka berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni Gladi Tangguh dan yang lulus akan resmi menjadi Anggota UBALOKA Kwarcab Tegal “Gladi Tangguh Ubaloka akan dilaksanakan tanggal 24-28 Desember mendatang. Dalam proses Gladi Tangguh nantinya peserta harus mematuhi semua aturan yang ada, karena sistem pendidikan UBALOKA adalah sistem komando dan sistem disiplin penuh,” pungkasnya. (Humas/s@n)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar