**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 20 Desember 2014

Pramuka Kwarcab Tegal Tanam Ribuan Pohon



SLAWI – Jajaran anggota Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dari peserta didik hingga anggota Dewasa Pramuka, melakukan penanaman ribuan pohon secara serentak, Jum’at (19/12) kemarin. Kegiatan yang mengusung tema “One Scout One Tree” secara simbolis dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal yang diwakili Wakil Sekretaris Cabang, R Sopan Effendi dan Kepala Pusdiklatcab, H Nahrawi di area lapangan Kelurahan Kudaile, Slawi.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan simbolis ribuat bibit tanaman kepada Pengurus Kwartir Ranting se Kwarcab Tegal untuk ditanam diwilayah Kwarran dan Gugusdepan setempat.

Ketua Kwarcab Tegal Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Wakil Sekretaris Kwarcab, R Sofan Efendi S.Pd mengatakan, penanaman pohon dilakukan dalam rangka mendukung program menanam sejuta pohon serentak se Indonesia yang dicanangkan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup pada kegiatan Perkemahan Bakti Saka Wanabakti tingkat Nasional (Pertiwana) IV di Jakarta.

“Kegiatan ini mengusung tema “One Scout One Tree” atau Satu Pramuka Satu Pohon. Sedikitnya 4000 lebih pohon kita tanam dari tingkat Cabang sampai Gugusdepan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat diikuti oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia. Dimana, acara ditargetkan dapat menanam minimal 1 juta batang pohon oleh anggota Pramuka di seluruh Indonesia, dan akan diusulkan masuk  world record. 

“Dengan menanam satu batang pohon akan dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Apalagi  menanam berbagai jenis pohon dalam jumlah banyak,” ungkapnya

Sofan menambahkan, kegiatan juga dalam rangka mengaplikasikan kepedulian anggota Pramuka dibidang lingkungan hidup dan pelestarian alam diwadahi dalam Pramuka Peduli sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Satya dan Darma Pramuka.

“Kita bangga terhadap aktivitas anggota Pramuka. Karena peran serta Pramuka sebagai salah satu pelopor pelestarian lingkungan hidup,” imbuhnya.

Disisi lain, Staf Kwarcab Tegal, Supriyanto menjelaskan ribuan pohon tersebut merupakan bantuan dari Dinas Tanbunhut Kabupaten Tegal. dengan jumlah pohon mencapai 4555 batang yang terdiri dari berbagai jenis pohon.

Diantaranya yakni jati pohon jati 2000 batang, sengon 1500 batang, mahoni 1000 batang dan buah-buahan 55 batang,” bebernya. (Humas/s@n).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar