**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 Februari 2014

Pesta Siaga tingkat Kwarran Slawi Digelar



SLAWI – Dalam rangka menumbuhkembangkan bakat peserta didik dan juga upaya menjaring barung putra dan putri tergiat tingkat Kecamatan, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Slawi menggelar uji kemampuan dan kecakapan Pramuka Siaga dalam rajutan kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarran Slawi, Sabtu (15/2).

Kegiatan dipusatkan di tiga lokasi yakni SD Slawi Wetan 01, 02 dan 03, dibuka secara resmi oleh Camat Slawi, Abuseri S.IP selaku Ketua Mabiran Pramuka ditandai dengan pelepasan balon warna warni sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika. Hadir dalam kesempatan itu, jajaran Mabiran diantaranya Kepala UPTD Dikpora Slawi, Drs Mintoro, Kapolsek Slawi, Danramil, Kepala Puskesmas Slawi, para Pengawas dan Penilik TK/SD dan para Kepala Mabigus SD / MI se Kecamatan Slawi.

Ketua Panitia Pesta Siaga, Mudiyono S.Pd menjelaskan pesta Siaga diisi dengan perlombaan yang disajikan dalam 13 Warung kegiatan yang terdiri dari warung Ketaqwaan (Imtaq), Yel semangat barung, menulis huruf arab, tali temali, pengetahuan umum rambu lalu lintas, puzzle gambar pahlawan revolusi, seni budaya, tanaman obat (toga) dan menulis aksara jawa.

“Untuk peserta terdiri dari 13 barung putra dan 36 barung putri atau setara dengan 392 Pramuka Siaga,” katanya disela kegiatan.

Mudiyono melanjutkan, Pesta Siaga yang mengusung tema “Pramuka Siaga Ceria, Mandiri, Berprestasi bertujuan untuk meningkatkan kemantapan mental, fisik, pengetahuan dan ketrampilan serta mengasah jiwa kepemimpinan peserta didik yakni usia Pramuka Siaga.

“Ini juga sekaligus untuk menggali bibit potensial dan barung terbaik yang akan berlaga ditingkat Kabupaten mewakili Kwarran Slawi. Dimana barung tergiat 1 putra dan putri yang akan maju ke tingkat Cabang 26 Februari mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Slawi, Abuseri SIP saat membuka acara mengajak anggota Pramuka untuk bersama – sama menjaga kelestarian lingkungan sekitar sesuai dengan salah satu isi Dasadharma Pramuka yakni Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Saya mengajak anggota Pramuka untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan disekitar kita,” ujarnya.

Selain itu, Abuseri juga mendorong para pramuka Siaga untuk mencintai dan melestarikan kesenian dan budaya daerah.

“Kegiatan ini juga ada warung seni budaya, sangat tepat untuk menanamkan rasa cinta terhadap seni budaya,” urainya.

Dalam kesempatan itu, usai membuka acara Camat dan anggota Mabiran / Kwarran juga berkesempatan melakukan penanaman sejumlah pohon disekitar lokasi kegiatan. Secara simbolis jenis tanaman yang ditanam yakni mangga dan klengkeng.

Tampil sebagai barung tergiat yakni barung putra : tergiat 1 SD Dukuhwringin 03, tergiat 2 MI Lukman Al Hakim dan tergiat 3 SD Kalisapu 04. Sedangkan untuk barung putri  tergiat 1 MI Lukman Al Hakim, tergiat 2 SD Kalisapu 04 dan tergiat 3 diraih SD Trayeman 01. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar