**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 24 Februari 2014

Peringati BP Day, Gelar Aksi Donor Darah



SLAWI – Mengambil momentum kelahiran bapak kepanduan dunia (the founding father) Baden Powel ke – 157 tahun 2014, bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (Abdimas dan Humas) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menggandeng Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tegal menggelar aksi donor darah sukarela (Doras) di pendopo Sanggar Pramuka setempat, Sabtu (22/2).

Dalam kegiatan yang diikuti Pengurus Kwarcab, Anggota DKC, Pramuka Penegak Pandega, anggota SAKA dan sejumlah masyarakat berhasil mengumpulkan 14 kantung darah.

Pengurus DKC Tegal, Ali Musonep mengatakan aksi donor darah digelar dalam rangka memperingati kelahiran bapak kepanduan dunia (the founding father), Baden Powell ke – 157 tahun 2014

“Aksi ini juga merupakan bagian dari kegiatan Pramuka Peduli,” katanya didampingi anggotanya Wiwit.

Sonep menambahkan, meski tidak mencapai target yang ditentukan, aksi donor kali ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah masyarakat yang membutuhkan.. Hal itu lantaran, puluhan Pramuka Penegak yang hadir ternyata tidak memenuhi persyaratan yakni usia belum mencapai 17 tahun.

“Alhamdulillah aksi berjalan sukses, meski hanya mampu mengumpulkan 14 kantung darah dari target 20 kantung / lebih. Hal ini, karena banyak calon pendonor yang tidak memenuhi syarat untuk diambil darahnya seperti usia belum 17 tahun, tensi rendah dan lainnya,” tambahnya.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono M.Kes MMR melalui Sekretaris Bidang Humas Abdimas, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MM menuturkan kegiatan donor darah sangat positif dan besar manfaatnya bagi masyarakat, sehingga kedepan kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin Kwartir Cabang.

“Aksi ini merupakan agenda rutin dari Kwartir Cabang saat momentum Baden Powell Day,” tegasnya

Sementara Direktur UDD PMI Kabupaten Tegal, dr Titien Widyaningsih melalui stafnya Agung menyambut baik aksi donor darah yang digelar oleh Kwartir Cabang Tegal yang menggandeng UDD PMI Kabupaten Tegal.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kwarcab atas upaya Kwarcab Tegal menggelar aksi donor ini. Mudah – mudahan kegiatan semacam ini, bisa menjadi agenda rutin pramuka,” tuturnya.

Dikatakannya, dengan adanya aksi donor darah ini, dapat membantu mencukupi persediaan dan stok darah di UDD PMI Kabupaten Tegal.

“Pihak UDD merasa terbantu, dengan adanya aksi doras ini otomatis menambah stok darah di UDD PMI,” ungkapnya

Agung menghimbau, Kwarcab Pramuka dapat membuat bank darah yang memuat data pendonor dilingkungan Pramuka Kwarcab Tegal. Sehingga, ketika ada masyarakat yang membutuhkan darah dapat menghubungi Pramuka.

“Bila mungkin, Pramuka dapat membentuk bank darah. Jadi ketika, ada masyarakat yang membutuhkan, calon pendonor dari Pramuka sudah siap dan tinggal dihubungi,” ujarnya.

Selain menggelar aksi donor darah momentun Baden Powel Day 2014 juga diisi dengan kegiatan bersih lingkungan dan penggalangan Dana bencana. (Admin/Hsn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar