**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 24 September 2013

Tujuh Penggalang Raih Predikat Pramuka Garuda



SLAWI - Sebanyak Tujuh Pramuka Penggalang Kwarcab Tegal meraih predikat Pramuka Garuda. Penghargaan yang merupakan predikat tertinggi pada golongan Penggalang tersebut diberikan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dan disematkan langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR pada peringatan Hari Pramuka ke 52 tingkat Kwartir Cabang Tegal di Kecamatan Bojong, Minggu (22/9).

Ketua Kwarcab Tegal melalui Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.Pd mengatakan penghargaan Pramuka Garuda yang diberikan kepada Tujuh  Penggalang berdasarkan SK Kwartir Cabang Tegal Nomor 19 Tahun 2013 tanggal 07 Agustus 2013.

"Penghargaan tertinggi Pramuka Penggalang ini diberikan kepada 7 peserta didik (Pesdik) yang terdiri dari 1 Penggalang dari pangkalan Gudep SMP N 1 Margasari dan 7 Penggalang Gudep SMP N 2 Adiwerna," katanya

Dikatakannya, dari tujuh peraih predikat Pramuka Garuda selalu didominasi oleh peserta didik putri seperti pada tahun lalu. Dimana pada tahun ini (2013) terdiri dari 4 penggalang putri dan 3 Penggalang Putra.

“Mereka yakni Reda Ayu Lestari dari SMP Negeri 1 Margasari dan dari SMP Negeri 2 Adiwerna masing – masing Rafi Albaihaqi, Heni Putriyani, Puji Astuti, Siti Uswatun Khasanah, Sunaryo dan M Ferdi Syabana,” paparnya

Suharjo menambahkan, sebelumnya 2 orang Pramuka Penggalang Kwarcab Tegal juga berkesempatan mengikuti ajang Pemilihan Pramuka Garuda berprestasi tingkat Kwarda Jawa Tengah yang digelar tanggal 30 Agustus s.d 2 September 2013 di Semarang.

“Dan satu peserta dari Tegal yakni Reda Ayu menjadi Juara 2 dan terpilih sebagai peserta terfavorit,” imbuhnya

Salah satu penerima penghargaan, Reda Ayu Lestari Penggalang dari Gudep SMP Negeri 1 Margasari menuturkan menyandang predikat Pramuka Garuda tidaklah mudah, namun merupakan bentuk amanah dan kepercayaan yang harus dipegang dengan tanggung jawab.

"Predikat Pramuka Garuda ini bukan semata - mata penghargaan, namun juga amanah dan tanggung jawab. Karena sebagai Pramuka Garuda harus mampu menjadi contoh dan teladan bagi lingkungan sekitar," ungkapnya.

Reda juga menuturkan pengalamannya mengikuti kegiatan Pramuka yang menurutnya sangat menyenangkan, bisa mendapatkan pengalaman baru, dan menjadi media belajar untuk lebih disiplin dan mandiri.

"Ikut Pramuka menyenangkan, selain banyak teman juga bisa mendapatkan banyak pengalaman, belajar disiplin dan hidup mandiri," tukasnya.

Reda Ayu yang juga berhasil meraih juara terfavorit ajang Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Kwarda Jateng 2013, bercita - cita kedepan mampu berkarya untuk negeri dan dapat mengharumkan nama Pramuka Indonesia keseluruh penjuru dunia.
 
"Semoga kedepan Pramuka bisa lebih maju, dan jaya didunia," pungkasnya. (admin)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar