**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 10 September 2013

Kwarcab Kirim Peserta Karang Pamitran Nasional



SLAWI – Kwartir Cabang Tegal mengirimkan 5 Pembina untuk mengikuti Karang Pamitran Tingkat Nasional (KPN)Tahun 2013. Dengan dipimpin oleh Sekretaris Bidang Binawasa Kwarcab Tegal, Subarno Wady S.Pd, mereka akan mengikuti kegiatan selama sepekan yakni tanggal 9-14 September 2013 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.

Wakil Sekretaris Kwarcab Tegal, R Sopan Effendi S.Pd mengatakan KPN 2013 yang berlangsung sepekan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, persaudaraan, dan kualitas pembina pramuka serta menambah wawasan. 

“Kwarcab mengirimkan 5 pembina dari golongan Siaga, Penggalang dan Penegak/Pandega,” katanya Senin (9/9).

Sopan berharap para peserta dapat meningkatkan penghayatan terhadap Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan; penghayatan Pembinaan golongan; kemampuan mengimplementasi SKU dan SKK dalam pertemuan rutin; dan pengetahuan, keterampilan  dan wawasan.

“Harapannya, utusan Kwarcab Tegal bisa mengikuti KPN 2013 dengan sebaik – baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Bidang Humas dan Abdimas, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MPd melalui andalan humas, Nurhasan menjelaskan Karang Pamitran Tingkat Nasional adalah wahana bertemunya para Pembina pramuka se-Indonesia dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menambah wawasan dan mempererat persaudaraan serta persatuan sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan kepramukaan di gugus depan dan satuannya. 

“Bentuk pendidikan dan pelatihan bagi anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka adalah Kursus dan Pertemuan yang salah satunya adalah Karang Pamitran. Sekitar 2000 lebih Pembina se Indonesia bertemu di ajang KPN,” jelasnya.

Sedangkan, metode yang diterapkan bersumber kepada metode Andragogi dalam suasana keakraban  melalui diskusi intraktif, berceritera berbagi pengalaman membina (gelang ajar), bermain peran, kerja kelompok dll.

“Karang Pamitran Tingkat Nasional Tahun 2013 diselenggarakan dalam koridor Revitalisasi Gerakan Pramuka khususnya dibidang standarisasi sumber daya manusia anggota dewasa Gerakan Pramuka,” pungkasnya. (admin)

Baca juga di : http://tegalkab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar