**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 19 September 2013

Jambore Cabang K e- 9 Digelar



SLAWI – Memperingati HUT Pramuka ke 52, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal akan menggelar Jambore Cabang bagi Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SMP/MTs se Kabupaten Tegal. Kegiatan direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR, Kamis (19/9) sore di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong.

Sekretaris Bidang Binamuda Kwarcab Tegal, Suharjo S.Pd mengatakan Jambore Cabang ke – 9 akan diikuti sekitar 58 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP / MTs Negeri dan Swasta se Kabupaten Tegal. 

“Hingga H-1 jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 95 regu dari 58 Gudep / Sekolah. Mereka terdiri dari 47 regu putra dan 48 regu putri,” katanya kemarin

Dikatakannya, Jambore Cabang merupakan wadah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk suatu perkemahan antara Pramuka Penggalang dari berbagai satuan Pramuka yang berpangkalan pada satuan penggalang.

“Tema Jambore kali ini yakni Gembira, Kreatif dan Berkarakter,” jelasnya.

Dalam Jamcab ini, lanjut Suharjo, peserta akan diberikan berbagai ragam kegiatan yang dibagi menjadi beberapa bidang kegiatan yang meliputi kegiatan umum, pendidikan dan seni budaya, ketrampilan, scouting skill, petualangan, bakti dan kegiatan prestasi.

“Contohnya pada kegiatan ketrampilan, peserta akan dilatih cara membuat blog sederhana, jurnalistik, reportase dan fotografi dan lainnya. Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi peserta didik khususnya adik – adik penggalang,” cetusnya

Suharjo yang juga Ketua Panitia Kegiatan berharap, kegiatan Jambore dapat mencapai sasaran yang diharapkan yakni menanamkan, memupuk dan mengembangkan rasa cinta pada Tuhan Yang Maha Esa untuk memperteguh keyakinan beragama, meningkatkan rasa cinta pada alam, bangsa dan Negara serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri.

“Pertemuan besar penggalang ini tentu juga akan menjadi ajang saling tukar pengalaman, menjalin persaudaraan bagi sesama penggalang di Kabupaten Tegal. Oleh karenanya, mari kita bersama untuk mensukseskan even ini, sebagai wahana pendidikan karakter dan life skill para kader bangsa,” imbaunya.

Sementara itu, Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan menambahkan Jambore Cabang digelar sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT Pramuka ke – 52 tahun 2013. Dimana dalam momentum HUT Pramuka tersebut digelar berbagai kegiatan diantaranya Jambore, bakti masyarakat, tabur bunga, pemberian penghargaan dan sebagainya.

“Jambore sendiri akan digelar mulai Kamis (19/9) hingga Minggu (22/9) yang sekaligus digelar puncak kegiatan HUT Pramuka ke – 52 tingkat Kabupaten Tegal dengan upacara bendera dengan Irup Pj. Bupati Tegal,” pungkasnya. (admin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar