**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 03 September 2013

Jambore Cabang Diprediksi Membludak


Slawi – Peserta Jambore Cabang (Jamcab) Gerakan Paramuka Tegal diprediksi bakal meledak. Hal itu disebabkan kegiatan jambore tidak digelar setiap tahunnya. Karenanya antusiasme gudep untuk mengirimkan pesertanya cukup tinggi. Demikian disampaikan  Sekretaris Bidang Binamuda Kwarcab Tegal, Suharjo S.Pd saat memberikan penjelasan dalam tehnical meeting yang digelar Minggu (1/9) kemarin.

Dirinya mengatakan jumlah pangkalan Gugusdepan (Gudep) yang menyatakan kesediaannya untuk mengikuti Jambore Cabang ke – 9 mencapai 60 pangkalan sekolah. Jumlah tersebut diketahui dari rekap kesediaan yang dikirim oleh pangkalan Gudep bersangkutan dan perwakilan pembina Gudep yang menghadiri temu tehnik kegiatan Jambore Cabang yang digelar.

“Hingga saat ini jumlah Gudep yang siap mengirimkan kontingennya sekitar 60 pangkalan. Jumlahnya juga bervariasi, ada yang hanya satu regu dan ada yang 2 regu,” katanya kemarin di Sanggar Pramuka.

Dikatakannya, jumlah tersebut juga dimungkinkan masih akan bertambah. Apalagi biasanya ada Gudep yang mendaftar langsung dilokasi kegiatan. Sementara untuk pelaksanaannya kegiatan direncanakan akan digelar selama 4 hari mulai 19 s.d 22 September 2013 di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong.

Sementara itu, Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan menjelaskan Jambore Cabang merupakan wadah pertemuan Pramuka Penggalang  dalam bentuk suatu perkemahan antara Pramuka Penggalang dari berbagai satuan Pramuka yang berpangkalan pada SMP/MTs di wilayah Kabupaten Tegal. Jamcab ini digelar setiap 3 tahun sekali dengan tujuan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Jambore Cabang Tegal ini merupakan yang ke – 9.

Dalam Jamcab ini, lanjut Hasan, peserta akan diberikan berbagai ragam kegiatan yang dibagi menjadi beberapa bidang kegiatan yang meliputi kegiatan umum, pendidikan dan seni budaya, ketrampilan, scouting skill, petualangan, bakti dan kegiatan prestasi.

“Contohnya pada kegiatan ketrampilan, peserta akan dilatih cara membuat blog sederhana, jurnalistik, reportase dan fotografi dan lainnya. Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi peserta didik khususnya adik – adik penggalang,” cetusnya

Hasan berharap, kegiatan Jambore dapat mencapai sasaran yang diharapkan yakni menanamkan, memupuk dan mengembangkan rasa cinta pada Tuhan Yang Maha Esa untuk memperteguh keyakinan beragama, meningkatkan rasa cinta pada alam, bangsa dan Negara serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar