**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 10 September 2013

HUT Pramuka ke 52 tingkat Cabang Dipusatkan Di Bojong



SLAWI – Puncak peringatan HUT Pramuka ke – 52 tingkat Kabupaten Tegal akan digelar pada tanggal 22 September 2013 dengan upacara bendera yang akan dipusatkan di lapangan Desa Suniarsih kawasan Bumi Perkemahan Martoloyo Kecamatan Bojong.

Ketua Panitia HUT Pramuka ke 52, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd M.Pd mengatakan upacara bendera memperingati HUT Pramuka ke 52 tingkat Kwartir Cabang Tegal yang merupakan puncak peringatan HUT Pramuka ke 52 direncanakan akan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Tegal, Ir Satrio Hidayat selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka.

“Puncak acara HUT Pramuka ke 52 akan dilaksanakan di arena Jambore Cabang Penggalang yakni di lapangan Desa Suniarsih komplek Buper Martoloyo, Kecamatan Bojong. Dan rencananya Bapak Pj Bupati akan bertindak sebagai Irup, saat ini Kwarcab masih terus mempersiapkan acara tersebut,” katanya, Selasa (9/9).

Dikatakan Teguh, pelaksanaan upacara sendiri akan dihadiri oleh jajaran Muspida / anggota Mabicab, pengurus Kwarcab, pimpinan Satuan Karya (SAKA), Camat / Ketua Mabiran, para Kepala UPTD Dikpora / anggota Mabiran, Ketua Kwarran se Kwarcab Tegal dan ribuan anggota Pramuka dari semua golongan.

“Upacara diperkirakan akan diikuti sekitar 1200 anggota Pramuka dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak / Pandega, Pembina dan anggota Dewasa Pramuka,” papar Sekretaris Bidang Humas Abdimas itu.

Menurut Teguh yang juga menjadi Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora itu, tema HUT Pramuka ke 52 tahun 2013 ini adalah “Wujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat melalui Gerakan Pramuka”. Tema ini menyatakan bahwa komitmen Gerakan Pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan kararakter bangsa yang lebih baik.

“Mudah – mudahan, puncak acara HUT Pramuka ke 52 ini akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses sesuai dengan harapan kita semua. Kami mohon do’anya untuk suksesnya acara ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia, Suharjo didampingi andalan Humas, Nurhasan menjelaskan rangkaian kegiatan HUT Pramuka ke 52 tingkat Kwartir Cabang Tegal diisi dengan berbagai kegiatan antara lain Jambore Cabang bagi Penggalang SMP / MTs, pemberian penghargaan, Tabur bunga dan ziarah makam para pendahulu Pramuka serta bakti sosial / masyarakat.

“Untuk Jambore, saat ini sudah 60 Gudep SMP/MTs yang siap untuk mengirimkan kontingennya. Kita prediksi peserta mencapai 1000 Penggalang,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, usai upacara HUT Pramuka ke 52 akan diberikan penghargaan dari Kwartir Nasional kepada para pembina / anggota dewasa Pramuka dan para pemerhati Gerakan Pramuka atas dedikasinya dan perhatiannya kepada Gerakan Pramuka selama minimal 5 tahun dan kelipatannya.

“Penghargaan tersebut berupa lencana pancawarsa, Darma bakti dan lencana Melati Pramuka. Selain itu juga akan diberikan santunan kepada siswa kurang mampu di desa setempat,” urainya.

Dirinya menambahkan, kegiatan akan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bungan di makam para pendahulu dan penggiat Pramuka yang berada di beberapa lokasi antara lain di TPU Desa Bojong Kecamatan Bojong, TPU Desa Pendawa Lebaksiu, dan TPU Desa Adiwerna.
                                                                                       
“Rencana ziarah diantaranya almarhum Kak Tapsir mantan pelatih cabang, Kak Hery (mantan ka Mabicab) dan penggiat pramuka lainnya,” pungkasnya.(admin)

Baca juga di : http://tegalkab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar