**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 30 September 2013

Kwarran Slawi Gelar Jambore

SLAWI - Dalam rangka meningkatkan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan peserta didik dalam bidang Kepramukaan, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Slawi menggelar Perkemahan besar Penggalang dalam bentuk Jambore Ranting (Jamran).  Kegiatan yang dipusatkan dilapangan Desa Dukuhwringin Kecamatan Slawi itu, digelar sejak Jum'at (27/9) hingga Minggu (29/9).

Ketua Kwarran Slawi melalui Panitia Jamran, Maryoso S.Pd menjelaskan Jambore Ranting (Jamran) diikuti oleh Pramuka Penggalang dari Gugus Depan (Gudep) SD / MI se Kwarran Slawi. Dimana masing - masing pangkalan Gudep mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri dengan komposisi 12 orang setiap regu.

"Jamran diikuti 39 regu putra dan 39 regu putri se Kwarran Slawi atau setara dengan 936 penggalang," terangnya disela kegiatan.

Dikatakannya, kegiatan Jambore yang yang digelar dalam bentuk perkemahan diisi dengan kegiatan yang bersifat non lomba maupun perlombaan. Kegiatan tersebut antara lain kerohanian, Olahraga, bakti masyarakat dan persaudaraan.

"Kegiatan yang dilombakan antara lain penjelajahan, yel-yel, pentas seni, adzan,kaligrafi, pertendaan, catur dan karnaval," ujarnya

Maryoso berharap, kegiatan Jambore dapat menanamkan kecintaan peserta didik pada kegiatan Pramuka dan membentuk karakter pemuda.

"Melalui Jambore ini, diharapkan peserta didik lebih cinta Pramuka. Utamanya cinta tanah air," harapnya.

Kegiatan yang mengambil tema 'Wujudkan bangsa Yang Berkarakter dan Bermartabat Melaui Gerakan Pramuka' itu ditutup secara resmi oleh Danramil Slawi, Kapten Faturrohman selaku Wakil Ketua Mabiran, Minggu (29/9) siang.

Dalam kesempatan itu, Faturrohman menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas sukses dan lancarnya kegiatan Jambore Ranting Slawi dari pembukaan hingga berakhirnya kegiatan.

"Trimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang turut mendukung suksesnya Jamran ini, panitia, pengurus Kwarran, para sponsor dan khususnya masyarakat Dukuhwringin yang turut menciptakan keamanan Jambore," ujarnya.

Faturohman juga berpesan menyampaikan selamat kepada peserta yang meraih juara dalam ajang Jambore Ranting Slawi.

"Selamat kepada yang meraih juara. Bagi yang belum tetap semangat, masih ada juara pada kegiatan - kegiatan yang lain," pungkasnya.

Adapun berhasil dinobatkan sebagai regu tergiat putra yakni tergiat 1 SD Negeri Kalisapu 04, tergiat 2 SD Negeri Kudaile 05 dan tergiat 3 SDN Pakembaran 02. Sedangkan untuk regu tergiat Putri yakni tergiat 1 SD N Dukuhwringin 03, tergiat 2 SD N Slawi Kulon 01 dan tergiat 3 SD N Kalisapu 04.

"Dari hasil tersebut, maka juara umum diraih oleh SD Kalisapu 04 dan berhak meraih Tropi Juara umum," imbuh Maryoso. (s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar