**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 18 Desember 2011

19 Pontren Ramaikan Kemah Pramuka Santri


Tarub – Sebanyak 19 Pondok Pesantren (Pontren) se Kabupaten Tegal turut ambil bagian dalam gelaran kemah pramuka santri, mufakat dan pekan porseni daerah (pospeda). Kegiatan yang digelar atas kerjasama Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal  itu berlangsung selama 2 (dua) hari, Sabtu (17/12/  dan berakhir Minggu (18/12) di Ponpes Hasyim Asyari, Tarub Kab. Tegal.

Berkesempatan membuka secara resmi kegiatan yaitu Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH.MHum, Sabtu (17/12) kemarin.
Hadir dalam kesempatan tersebut Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Tegal, Pengurus Forum Komunikasi Ponpes (FKPP), Kepala Kemenag Kab. Tegal, Drs H Ahmad Ubaidi, M.Si, Kabag Kesra Pemkab Tegal, Dra Hj Suspriyanti, MM dan segenap pengasuh Pondok pesantren Kabupaten Tegal.

Wakil Bupati dalam sambutannya berpesan agar dalam kegiatan kemah pramuka santri hendaknya dapat diupayakan kegiatan yang bersifat operasional dan teknik kepramukaan (tekpram). Hal tersebut dikarenakan nuasa kegiatannya adalah Pramuka.

“Karena nuansa kegiatannya Pramuka, saya pesan agar ada kegiatan operasinal dan teknik kepramukaan yang dilaksanakan,” pintanya

Hal ini penting, kata Wabup, agar ilmu Kepramukaan di pondok pesantren (Ponpes) dapat diikuti dengan baik. Selain itu, lanjut Wabup, dalam pembinaan kepramukaan, ponpes juga dapat berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan Kwartir Ranting (Kwarran) dilingkungan masing - masing.

“Ponpes yang jumlahnya banyak, bisa kerjasama dengan Kwarran dalam pembinaan Pramuka,” katanya.

Kepala Kemenag Kabupaten Tegal, Drs H Ahmad Ubaidi, M.Si dalam laporannya mengatakan kemah pramuka santri mufakat dan Pospeda merupakan program kerja kemenag Kab Tegal yang bertujuan untuk mengarahkan visi pondok pesantren, sebagai wahana kompetitif ponpes serta bermanfaat sebagai sarana taaruf dan silaturahim antara sesama pondok pesantren.

“Selain itu juga sebagai wujud wacana dinamis dan tolak ukur bagi pembinaan Ponpes,” jelasnya.

Kemah pramuka santri dan Pospeda, kata Ubaidi, akan diisi berbagai kegiatan antara lain giat olahraga atletik, non atletik, giat kebersihan, tekpram, ceramah UU Pramuka oleh Pengurus Kwarcab, pendidikan karakter dan kepemimpinan serta pentas seni.

“Kegiatan diikuti oleh 19 Ponpes dan ratusan atlet Pospeda,” urainya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan operasional pondok pesantren (BOP) dari Pemkab Tegal secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal kepada perwakilan Forum Komunikasi Ponpes (FKPP), disaksikan Kabag Kesra Pemkab Tegal, Dra Hj Suspriyanti, MM dan Kepala Kemenag Kab. Tegal, Drs H Ahmad Ubaidi, M.Si.

“Pemberian BOP ini merupakan program tahunan Pemkab Tegal melalui Bagian Kesra. Masing – masing Ponpes mendapat bantuan sebesar 2 juta,” terang Kepala Seksi Pekapontren, Drs H Banu Hamdan, M.Pd usai upacara pembukaan.


Usai pembukaan perkemahan diisi dengan demonstrasi marching band ‘Gema Qothrun Nada’ dari Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Warureja dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi perkemahan oleh Wakil Bupati Tegal beserta undangan. (Hasan)



Baca juga disini : radar tegalWeb Kwarcab tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar