**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 11 Desember 2011

Kwarcab Bakal Gelar KML


Suradadi – Seiring dengan terbitnya UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Tugas Pokok Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda Indonesia semakin berat. Hal tersebut tentunya perlu didukung dengan sarana penunjang termasuk kebutuhan Pembina Pramuka yang memadai.

Pasalnya saat ini jumlah peserta didik siaga, penggalang dan penegak di Kwarcab 11.28 Tegal sebanyak 272.374 yang terhimpun di 2206 pangkalan Gugus Depan, baru didukung oleh 8.717 pembina lulusan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan 759 pembina lulusan KML.
Wakil Ketua Kwarcab 11.28 Tegal bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa), Hj Dijatinah, S.Pd melalui Kepala Pusdiklatcab, H Ike Nachrawi mengatakan jumlah pembina pramuka di Kwarcab Tegal yang ada masih jauh dari harapan, karena dengan perbandingan 1 pembina, membina lebih kurang 28.743 peserta didik.

“Idealnya diperlukan 1 pembina  membina maksimal 20 sampai dengan 30 peserta didik,” terangnya saat rapat persiapan KML Cabang di Suradadi, Minggu (11/12) kemarin.

Oleh karena itu, kata Nachrawi, guna menambah jumlah pembina yang berkualitas sesuai dengan golongannya masing – masing, Kwarcab 11.28 Tegal melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) bakal menggelar Kursus Mahir Pembina tingkat Lanjutan (KML).

“KML rencananya akan digelar mulai Senin (19/12) hingga Sabtu (24/12) di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih, Bojong.” Katanya.

Terkait peserta, lanjut Nachrawi, yaitu pembina pramuka yang memiliki ijazah mahir dasar (KMD) yang jumlahnya akan dibatasi sesuai kuota yang ada yaitu maksimal 50 orang.

“Kuota peserta akan dibatasi maksimal 50 orang. Kepada pembina yang berminat dan memenuhi syarat agar segera mendaftar di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal pada jam kerja,” tegasnya.

Terpisah, Humas Kwarcab 11.28 Tegal, Nurkhasan menjelaskan selain menggelar Kursus Mahir (KML), Kwartir Cabang 11.28 Tegal juga akan menggelar Kursus Orientasi Singkat (KOS) bagi Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Kwarcab 11.28 Tegal.

“KOS akan digelar selama 1 (satu) hari, yaitu Senin (19/12) mendatang di Buper Martoloyo,” ujarnya.

Melalui KOS tersebut, tambah hasan, diharapkan kinerja pengurus dan kerjasama lintas bidang yang ada akan meningkat.

“Peserta KOS ini adalah jajaran Mabi dan seluruh Pengurus Kwarcab,” pungkasnya. (Hasan).

Berita terkait baca juga : Koranlokal.comPramukaslawi.com

Edaran dapat di download disini : Surat Edaran KML

Tidak ada komentar:

Posting Komentar