**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 22 Desember 2011

Pramuka Dapat Dijadikan Pengalaman Hidup


Adiwerna – Pendidikan Kepramukaan merupakan pengalaman hidup yang dapat dijadikan dasar menggapai cita – cita dan karier.

“Jadikan Pramuka menjadi pengalaman hidup, untuk meraih sukses dimasa depan,” Tegas Kepala SMPN 2 Adiwerna Drs. Taufik Hidayat selaku Ketua Mabigus saat membuka kegiatan pelantikan Dewan Penggalang Gudep 04.135/04.136 Pangkalan SMP N 2 Adiwerna di sekolah setempat, Rabu (21/12) lalu.
Dalam Pendidikan Kepramukaan, kata Taufik, pembentukan karakter dan disiplin sangatlah menonjol. Sehingga anggota pramuka diharapkan akan menjadi kader pemimpin masa depan yang mumpuni.

“Pramuka membentuk karakter dan disiplin,” sambungnya.

Taufik juga berpesan agar calon dewan penggalang dapat memajukan kegiatan kepramukaan di SMPN 2 Adiwerna menjadi lebih baik.

Pembina Gudep, Suharjo, S.Pd menuturkan kegiatan pelantikan juga diisi dengan pembekalan kepada calon Dewan Penggalang.  Materi pembekalan antara lain dasar kepemimpinan, PBB, Survival,  dinamika  kelompok, dan tehnik kepramukaan (tekpram).

“Bekal ini bisa menjadi modal Dewan Penggalang dalam mengelola organisasi,” katanya.

Prosesi pelantikan sendiri, ungkap Suharjo, dilakukan dengan mengucapkan Tri  Satya  sebagai  janji kesetiaan  pada Gerakan  Pramuka oleh segenap pengurus Dewan Penggalang.

“Dewan  Penggalang  mengucap  janji  Trisatya didepan Sang Merah Putih,” tambahnya.

Pengurus dewan penggalang yang dilantik juga mengucapkan janji terhadap  Gugus Depan  SMP  Negeri  2  Adiwerna. Janji tersebut berisi 3 (tiga) point yaitu menjunjung  tinggi  azas  Kekeluargaan, menjadi  teladan  bagi  adik-adik didik, dan menjaga  nama  baik  dan  kehormatan  GUDEP  SMP  Negeri  2  Adiwerna.

Dalam pelantikan yang digelar selama 2 hari, sejak, Rabu (21/12) dan berakhir Kamis (22/12) tersebut, terpilih sebagai Pratama Putra yaitu Abdul Wahid dan Pratama Putri yaitu Indah Nur Etika untuk masa jabatan 2011 - 2012.  (Hasan)



Baca juga disini : Blog Kwarcab Tegalpramukaslawi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar