**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 22 Desember 2011

Kegiatan Alam Yang Menyenangkan


Bojong – Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan pendidikan yang menyenangkan untuk diikuti. Terlebih kegiatan yang dikemas dalam petualangan dialam terbuka, seperti halnya kegiatan wide game / penjelajahan yang diikuti peserta Kursus Pembina Mahir Lanjutan (KML) Cabang 2011 di Buper Martoloyo, Suniarsih, Bojong.

“Meskipun melelahkan, tapi wide game ini sangat menyenangkan,” ungkap Waka Kwarcab Bidang Abdimas dan Humas, dr H Widodo Joko Mulyono,M.Kes disela mengikuti kegiatan pengembaraan dan wide game KML, Kamis, (22/12) kemarin.
Menurut dr Joko, kegiatan ini menjadi menarik dan menyenangkan karena pramuka dibawa melakukan pengembaraan melewati rumah – rumah penduduk di kawasan desa suniarsih. Selanjutnya masuk hutan, menyusuri sungai, menaiki dan menuruni perbukitan.


“Apalagi dalam pengembaraan ini, juga diberikan berbagai tugas yang dibagi menjadi beberapa pos, seperti pos kegamaan, pos ketangkasan, pos yel – yel yang membentuk kekompakan regu dan sebagainya,” terang dr Joko yang juga Kepala Dinas Keshatan Kabupaten Tegal berseri – seri.

Senada dengan dr Djoko, peserta lain Sri Mulyo Hartati, M.Si mengaku senang dengan kegiatan kursus yang diikutinya. Meskipun kegiatan tersebut cukup melelahkan, tetapi sangat menyenangkan.

“Awalnya merasa tua, tetapi ternyata Pramuka luar biasa,” akunya usai mengikuti kegiatan pengembaraan kemarin.

Hartati berharap, melalui KML tersebut dapat meningkatkan pengetahuan bagi dirinya, sebagai modal untuk membina anak didik dipangkalan Gugus depannya.

“Para pelatiha juga menyenangkan. Apalagi Kak Ike Nahrawi, meskipun sudah sepuh, namun semangatnya sungguh luar biasa,” ujarnya.

Pengalaman yang didapat, lanjut Hartati, juga akan dikembangkan di Gugus Depan, agar Pangkalan Gudepnya menjadi lebih baik.

“Ilmu yang didapat untuk membina anak menjadi manusia berguna dan berdaya guna,” tandasnya.

Terpisah, Waka Kwarcab Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo, MM merasa bersyukur karena kegiatan KML sampai dengan hari kelima dapat berjalan dengan baik dan  lancar.

“Mudah – mudahan Pramuka dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” harapnya.

Terkait KML, Agus berharap agar pengetahuan yang diperoleh oleh pembina dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam membina peserta didik.


“Manfaatkan ilmu yang didapat guna membina peserta didik dan masyarakat,” pungkasnya. (Hasan).


baca juga di : blog kwarcabpramukaslawi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar