**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 28 September 2015

Kwarran Lebaksiu Gelar Musran



"Karwono Terpilih Ketua Kwarran Baru"

LEBAKSIU – Mekanisme organisasi lima tahunan Gerakan Pramuka di tingkat ranting lewat ajang Musran V Kwarran Lebaksiu digelar di Ruang Pertemuan SMP Negeri 1 Lebaksiu, Minggu (27/9) kemarin. Hal itu menyusul berakhirnya masa bakti Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Lebaksiu masa bakti 2011 – 2015.

Kegiatan dibuka Camat Lebaksiu, Pimpin Surono selaku Ketua Mabiran Lebaksiu. Turut hadir Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi Hukum, Drs H Agus Subagyo MM mewakili Ketua Kwarcab Tegal, jajaran Muspika Kecamatan selaku anggota Mabiran, para Pengurus Kwarran dan perutusan Gugusdepan (Gudep) se Kecamatan Lebaksiu.

Ketua Panitia Musran, Karwono S.Pd SD didampingi Sekretarisnya Andi Roma S.Pd SD menjelaskan, Musran diikuti oleh 71 peserta perutusan dari Gugusdepan (Gudep) SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA serta utusan Satuan Karya (SAKA) se Kecamatan Lebaksiu.

“Agenda Musran diantaranya pembahasan tata tertib, LPJ Pengurus lama, membahas progran kerja dan membentuk pengurus Kwarran Lebaksiu masa bakti 2015-2020,” terangnya

Camat Lebaksiu, Pimpin Surono SH MSi saat membuka kegiatan Musran mengaku merasa tergugah dan senang dengan antusias para Pembina Pramuka di Kwarran Lebaksiu untuk menggelar Musyawarah Ranting.

“Dan Alhamdulillah, keinginan itu dapat terwujud seiring dengan dilaksanakannya Musran pada hari ini,” katanya

Terkait pelaksanaan Musran, Pimpin mengingatkan, untuk mengedepankan dan memilih pengurus yang Pinter, Bener dan Kober. “Harapannya, pengurus Kwarran Lebaksiu kedepan akan lebih baik dan bertanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Bidang Orgakum, Drs H Agus Subagyo MM mengatakan, bahwa Revitalisasi Gerakan Pramuka sejak tahun 2006 mengamanatkan Pramuka menjadi tonggak bangkitnya pembangunan generasi muda Indonesia. Hal itu karena Pramuka memiliki posisi strategis dengan kegiatan yang positif, edukatif, rekreatif dan produktif.

“Terlebih lagi dengan lahirnya UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, maka setiap anggota Pramuka wajib mengawal dan mengisi kegiatan yang dapat mempercepat tercapainya tujuan Gerakan Pramuka, baik peningkatan karakter kaum muda, semangat nasionalisme maupun ketrampilan hidup (life skills),” tandas Agus

Oleh karena itu, Lanjut Agus yang juga Kepala BLH Kab Tegal itu, Musran Lebaksiu harus bisa menetapkan Program Kerja masa bakti 2015-2020 dan menyusun Pengurus Kwarran yang dapat melaksanakan amanat Undang-undang, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

“Beberapa tindak lanjut Program Kwarran diantaranya membimbing terselenggaranya Musyawarah Gugus Depan (Mugus), Akreditasi Gudep dan peningkatan kualitas kegiatan Siaga, Penggalang dan Penegak,” pungkasnya.

Dalam ajang Musran tersebut terpilih sebagai Ketua Kwarran Lebaksiu yakni Karwono S.Pd SD menggantikan Ketua Kwarran lama Syaefudin S.Pd yang berakhir  masa jabatannya. Selanjutnya Karwono  akan menjabat untuk masa bakti 2015 – 2020 mendatang. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar