**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 28 September 2011

Dari Timbang Terima ETK Ke - 31

" ETK Memasyarakatkan Gerakan Pramuka"
SLAWI –  Tampak ribuan Pramuka dari Usia muda sampai dengan anggota dewasa berbaur dengan masyarakat memadati Jalan Raya II Dukuhturi, tepatnya didepan Kantor Kecamatan Dukuhturi. Bukan tanpa maksud dan tujuan, tetapi dalam rangka menyambut kedatangan pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Ke - 31 tingkat Kwarda 11 Jawa Tengah yang memasuki wilayah Kwartir Cabang 11.28 Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Bertindak sebagai Pembina Upacara Timbang terima yaitu Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH.MHum selaku Ketua Harian Mabicab Tegal yang menerima penyerahan ETK dari Sekretaris Kota Tegal, Edi Pranowo, SH.MM selaku Mabicab Kota Tegal. Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Dukuhturi, Rabu (28/9) kemarin.
Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo selaku Ketua Mabida Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum mengatakan ETK yang merupakan kegiatan khas Pramuka Jawa Tengah yang memiliki makna positif yaitu dalam rangka memasyarakatkan Gerakan Pramuka hingga dipelosok pedesaan.
"ETK sangat positif untuk memasyarakatkan Pramuka hingga ke pedesaan," tegas Bibit
Menurut Bibit, selain untuk memasyarakatkan Pramuka, ETK juga merupakan sarana nguri-nguri  tradisi kejuangan route gerilya dengan nilai - nilai kepahlawanan para pejuang kemerdekaan.
"Lewat ETK ini, mari kita nguri-nguri tradisi kejuangan dan semangat kepahlawanan," tandas Bibit
Bibit berpesan, agar Pramuka Jawa Tengah dapat melaksanakan, memahami dan meresapi nilai - nilai luhur dalam ETK dengan dilandasi jiwa cinta tanah air, solidaritas antar anggota Pramuka maupun dengan masyarakat, serta mengokohkan semangan persatuan dan kesatuan.
"Dayagunakan ETK untuk menempa fisik dan mental serta tumbuhkan semangat pantang menyerah dalam ikut serta membangun masyarakat, bangsa dan negara," harapnya.
Selain itu, sebagai Pramuka, kata Bibit, harus memiliki kemantapan dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dengan tetap menegakkan 5 (lima) komitmen negara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bendera Merah Putih, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.
"Melalui semua itu, mudah - mudahan tema ETK ke - 31  yaitu Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia' bisa kita wujudkan bersama," pungkasnya.
Terpisah, Wakil Ketua Kwarcab Bidang Abdimas dan Humas, dr H Widodo Djoko Mulyono, M.Kes melalui Pb Ancu Humas Nurkhasan menjelaskan Kwarcab Tegal akan dilewati pasukan ETK selama 2 (dua) hari yaitu mulai Rabu (28/9) dan Kamis (29/9). Setelah menerima dari Kota Tegal, ETK akan diarak melewati jalur raya II Dukuhturi - Adiwerna, dan  semalam disemayamkan di SMK N 1 Adiwerna.
“Hari ini, (Kamis-red) akan diarak kembali melewati Adiwerna, Slawi, Pangkah, Kedung banteng dan Jatinegara. untuk selanjutnya akan diserahkan ke Kwarcab Pemalang di Kalirambut, Jatinegara yang merupakan perbatasan Kabupaten Tegal dan Pemalang,” jelasnya.
Ditambahkan Khasan, dalam rangka meramaikan ETK juga diisi dengan malam saresehan di Aula SMK N 1 Adiwerna tempat disemayamkannya ETK. Materi saresehan antara lain Kamtibmas oleh Kasat Binmas Polres Tegal, AKP Ahmad Mujahid, UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka oleh Waka Kwarcab Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo, MM dan masalah NAPZA oleh Ketua PMI Cabang Kab. Tegal, dr H Bimo Bayuadji. (Hasan/Humas Kwarcab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar