**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 23 September 2011

Ketua Kwarcab Buka LPK Cabang V


BUMIJAWA – Sebanyak 50 Pramuka Penegak dan Pandega perutusan Gugus Depan (Gudep) Pangkalan SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi (PT) se Kwarcab 11.28 Tegal mengikuti Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Cabang V. Kegiatan yang bertempat di Sanggar Pramuka Kwarran Bumijawa itu dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH MM, Kamis (22/9) kemarin.

Kegiatan direncanakan bakal berlangsung Kamis (22/9) dan akan berakhir Minggu (25/9) mendatang.
Ketua Panitia Pelaksana Ade Putra Maryanto, SKM mengatakan LPK merupakan kegiatan yang diharapkan mampu menghasilkan kader – kader pemimpin yang bertanggung jawab terhadap bangsa, khususnya bagi kesinambungan gerak dan langkah Gerakan Pramuka saat ini dan dimasa yang akan datang.
“Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan yang kreatif dan edukatif untuk membentuk Pramuka CERIA,” katanya.

CERIA ini maksudnya, kata Ade, yaitu Pramuka yang Cerdas, Energik, Religi, Inovatif dan Aktif dalam rangka mengembangkan bakat, kemampuan dan potensi kepemimpinan yang ada pada diri anggota Pramuka khususnya bagi Pramuka Penegak dan Pandega.

“LPK ini untuk mempersiapkan kader pemimpin yang berkualitas,” tandasnya.

Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH MM dalam sambutannya mengingatkan Pramuka Penegak dan Pandega adalah anggota dewasa muda Gerakan Pramuka. Dengan demikian, Pramuka Penegak dan Pandega dituntut untuk lebih dapat berperan serta dan tanggung jawab, terlebih dapat menjalankan dan menepati isi ‘Dasa Dharma Pramuka’.

“Usia Penegak dan Pandega dituntut untuk ikut serta membangun masyarakat,” tegas Muji.

Sebagai Pramuka, imbuh Muji, Penegak dan Pandega juga dituntut untuk berlaku disiplin, berani dan setia sesuai isi Dasa Dharma ke – 8. Karena disiplin dalam kehidupan manusia memainkan peranan yang amat menentukan, artinya jika Pramuka itu berbuat sesuatu dengan ketekunan dan sesuai aturan, maka Insya Alloh ia akan selamat mengarungi hidup dengan segala lika – likunya.

“Pramuka juga harus berani ngambil dan menghadapi resiko tetapi bukan berarti tanpa pemikiran dan perhitungan, dan tidak boleh ingkar janji,” pungkasnya.
Dalam LPK Cabang V nanti, peserta bakal diberikan berbagai materi diantaranya Membangun Karakter Kepemimpinan, UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Pramuka, Jurnalistik, Outbont Management Training (OMT), Conflic Managemen dan Problem Solfing, Membangun Jiwa Wirausaha, Administrasi dan kesekretariatan,  serta Disaster Manajemen dan Team Work. (s@n/hms)

1 komentar:

Daun mengatakan...

salam pramuka

kegiatan ini sangat bermanfaat buat saya ka..

terima kasih buat ka2 semunya yang sudah mengadakan kegiatan ini..

LPK CERIA....

Ce Ece Ri Aaaaaaaaaaaaaaaaaa "CERIA"
hhuhuhuhhu
Hmmmmm

Posting Komentar