**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 14 Mei 2012

Pramuka Kembangkan Unit Bisnis Taman Bunga

Jakarta - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berencana memberdayakan Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta Timur agar terjadi peningkatan pendapatan. Untuk merealisir rencana tersebut, Kwartir Nasional menggandeng konsorsium perusahaan swasta nasional. 

"Tidak ada alih fungsi kepemilikan," tegas Ketua Kwartir Nasional Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, MPH, Sabtu (28/4). 

Rencana pengembangan bisnis pada lahan seluas 19 hektar itu telah disampaikan Kwartir Nasional dalam forum Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka yang berlangsung di Cibubur. Rapat yang diadakan Jumat (27/4) ini dihadiri seluruh pimpinan Kwartir Daerah seluruh Indonesia.

Kompleks Widya Mandala Krida Bakati Pramuka (Wiladatika) dahulunya terdiri atas Pusat Pendidikan Kader Gerakan Pramuka (Pusdika) dan Bumi Perkemahan Pramuka (Buperta). Kemudian  terpisah dengan adanya Jalan Tol Jagorawi.

Di kompleks Pusdika, sejak tahun 1980-an dibangun taman bunga, kebun pembibitan, kolam renang, lapangan tenis dan tempat pertemuan serta penginapan.  Kemudian dijadikan unit bisnis yang dikenal sebagai Taman Rekreasi Wiladitika (TRW) seluas 19 hektar.  

Sedangkan kompleks Buperta seluas  216 hektar tetap berfungsi sebagai sarana untuk pendidikan kepramukaan dan kegiatan di alam terbuka.  

"Kami tidak menswastakan dan mem-bisniskan lokasi ini," kata Azrul yang juga  Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Untuk lebih mengembangkan unit bisnis di TRW, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka merangkul perusahaan swasta untuk bekerjasama mengelola menjadi kegiatan bisnis yang lebih menguntungkan.  Rencananya dalam kegiatan bisnis ini  akan dibangun hotel, pusat perbelanjaan, balai pertemuan dan fasilitas rekreasi dengan skema BOT (built, operation and transfer).

Selain itu, konsorsium akan membangun kantor Pusdiklatnas yang baru dan fasilitasnya di Bumi Perkemahan Cibubur, berdekatan dengan danau. Fasilitas modern itu antara lain ruang pertemuan besar, kelas-kelas, laboratorium, museum dan penginapan.  Rancangan pemberdayaan Taman Rekreasi Wiladatika  telah dikonsultasikan  dengan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Menteri Pemuda dan Olah Raga selaku pimpinan Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. 

Menurut Azrul, pemberdayaan TRW dimaksudkan juga untuk lebih memandirikan Gerakan Pramuka dalam hal pendanaan. Memang pada masa Orde Baru ada alokasi dana APBN dan APBD kepada organisasi pramuka di pusat dan daerah. Namun sejak tahun 1998, kebijakan tersebut tidak ada lagi. Baru mulai lagi tahun 2006 ada dana APBN untuk kwartir nasional dan APBD pada sejumlah  kwrtir daerah. Namun dana tersebut tidak memadai untuk membiayai kegiatan kepramukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar