**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 06 Mei 2012

LPK Daerah 2012 Find Your passion

SEMARANG – Setelah sukses menyelenggarakan Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Daerah 2010 dengan tema “Menjadi Pemimpin Yang Simpatik dan Empatik”, disertai implementasi sosialisasi langsung dengan masyarakat sekitar di salah satu desa di Kecamatan Gunung Pati, Semarang, DKD Jawa Tengah kembali mengadakan kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan yang ke XXIV dengan tema dan “motion” yang berbeda yakni Find Your Passion to Lead the Nation!
Yap! Find Your Passion di sini mewakili mekanisme dan sistematika kegiatan yang dilalui peserta. Dengan menganalisis potensi masing-masing melalui sesi “Analisis Potensi dan Motivasi”, peserta akan menemukan kecenderungan kemampuan dan passion kepemimpinannya dalam satu atau dua aspek kepribadian. Dari situlah peserta menemukan dan mengetahui kemampuan mayor dan minor yang mereka miliki yang nantinya akan mereka jadikan modal untuk memilih materi pengembangan. Materi pengembangan terdiri dari kemandirian, organisasi, dan sosial-masyarakat. Materi-materi inilah yang nantinya diharapkan dapat menjadi “penyulut” atau modal awal peserta mengembangkan kemampuan mayor maupun minornya sebagai seorang pemimpin.
Kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Kepramukaan “Candra Birawa” Karanggeneng, Semarang pada tanggal 25 s.d. 29 April 2012 ini diikuti oleh 79 peserta dari delegasi Dewan Kerja Cabang se-Jawa Tengah, Dewan Racana, dan Dewan Saka. Meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, namun di hari pertama para peserta telah sepakat untuk meleburkan diri menjadi satu dan tidak membawa atribut jabatan maupun identitas satuan mereka masing-masing.
Selain itu, yang baru dari LPK Daerah XXIV ini yakni Dewan Kerja Daerah khusus menggaet para pemuka-pemuka Dewan Kerja di Binwil masing-masing untuk menjadi fasilitator selama kegiatan. Di antaranya yakni Kak Luthfi (Binwil Banyumas), Kak Eko Gusnawan (Binwil Kedu), Kak Edi (Binwil Pati), Kak Faiq (Binwil Semarang), Kak Febri (Binwil Pekalongan), dan Kak Prasetya Eka (Binwil Surakarta). Bergabung bersama tiga personil DKD yang juga menjadi fasilitator yakni Kak Rizky Bagus, Kak Hafizhah, dan Kak Fatah, mereka bersembilan bertanggung jawab terhadap perkembangan “peserta asuh”nya masing-masing semenjak awal sampai akhir kegiatan.
Keluaran dari LPK Daerah XXIV ini yakni diharapkan peserta dapat memilih dan memutuskan kepemimpinan dirinya sendiri di antara tiga opsi sesuai passion mereka, yakni “Pemimpin Pramuka”, “Pramuka Pemimpin” atau “Pramuka=Pemimpin”. Jadi, menurut kalian mana yang menjadi passionkepemimpinan kalian?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar