**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 24 Mei 2012

Kesenian Calung Sambut Tim Lomba Kwarda



Slawi – Ada yang berbeda dari penyambutan tim penilai lomba Kwartir Cabang Tergiat tahun 2012. Kali ini tim dari Kwarda 11 Jawa Tengah disambut dengan kesenian Calung Suara Mahardika dari SD Negeri Kebasen 01 Kecamatan Talang yang beranggotakan 12 siswa SD usia Pramuka Siaga.

Salah satu Guru SD N Kebasen 01, Henwi Pergiwati, S.Pd menjelaskan grup kesenian calung ‘suara mahardika’ dari SD N Kebasen 01 sengaja diminta oleh Kwartir Cabang 11.28 Tegal untuk menampilkan kemampuannya dalam penyambutan tim lomba Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah yang digelar Kamis (24/5) di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang.

“Jumlah personil seluruhnya 40 anak, tapi yang ikut tampil hanya 12 orang, yaitu siswa usia pramuka siaga. Ini sesuai permintaan dari Kwarcab,” terangnya kemarin.

Meski baru berusia 3 bulan, kata Henwi, namun beberapa prestasi pernah diraih suara mahardika, diantaranya penampil terbaik pentas seni daerah pada pesta siaga tingkat Kwartir Cabang 11.28 Tegal dan Pesta Siaga tingkat Korwil Pekalongan.

“Awalnya kami berlatih dengan alat dari hasil sewa, tapi alhamdulillah 3 bulan lalu resmi berlatih dengan alat sendiri,” akunya.

Dikatakan Henwi yang juga aktif sebagai Pengurus Kwarcab 11.28 Tegal ini, terkait latihan suara mahardika dilatih oleh masyarakat dan pemuda karang taruna Desa Kebasen.

“Untuk pelatih dari masyarakat langsung dan pemuda karang taruna setempat,” pungkasnya.

Henwi menambahkan, grup calung suara mahardika juga siap menerima panggilan untuk memberikan hiburan bagi masyarakat pada event – aeven tertentu.

Tampak dalam penyambutan tim lomba kemarin, suara mahardika membawakan 6 lagu  lagu apik yang sedang ngetrend saat ini yaitu iwan peye, prau layar, gundul pacul, suwe ora jamu dan lagu daerah irian yamko rambe yamko. (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar