**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 26 Mei 2012

40 Pembina Ikuti Bintek Pramuka Garuda


Slawi – Sebanyak 40 Pembina Pramuka dari Pangkalan SD dan SMP se Kwartir Cabang 11.28 Tegal mengikuti bimbingan teknis (Bintek) pencapaian Pramuka Garuda di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal, Minggu (27/5).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY yang mewakili Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, MKes MMR.  Turut hadir dalam kesempatan tersebut Waka Pudiklatcab, Joko Eko Pratomo, M.Pd, Pengurus Kwarcab, dan Sejumlah Tim Pelatih Cabang.

Menurut Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY, saat ini pelaksanaan revitalisasi Pramuka semakin mantap seiring dengan lahirnya UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Saat ini tengah disusun perubahan AD/ART yang baru sesuai dengan hasil Rakernas 2012. Ini untuk menyesuaikan UU Pramuka, dimungkinkan akan ditetapkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP). Kalau sebelumnya AD/ART ditetapkan dengan Keppres” tegasnya.

Terkait dengan bintek, kata Prawoto, Pramuka Garuda adalah sebutan untuk pencapaian tingkat tertinggi dalam kecakapan untuk setiap golongan peserta didik dalam Pramuka. Ketentuan mengenai penyelenggaraan Pramuka Garuda sebenarnya bukan hal yang baru, yaitu sudah ada sejak tahun 1976 dan diterahir ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 101 tahun 1984.

“Pramuka Garuda adalah seorang pramuka yang karena prestasi yang dicapainya,  menjadi teladan bagi pramuka lain dan / ataupun generasi muda lain disekitarnya. Untuk dapat menjadi Pramuka Garuda, seorang peserta didik  harus memenuhi  sejumlah persyaratan serta memiliki tanda kecakapan Pramuka Garuda,” tandasnya.

Sementara Panitia Pelaksana, Suharjo, S.Pd menjelaskan pelaksanaan bintek pencapaian Pramuka Garuda dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada Pembina Pramuka agar peserta didiknya dapat menempuh predikat Pramuka Garuda. 

“Peserta bintek mencapai 40 Pembina yang berasal dari pangkalan SD dan SMP di Kabupaten Tegal,” terangnya.

Suharjo yang juga Sekretaris Binamuda berharap melalui bintek ini, diharapkan kedepan masing – masing Gugusdepan (Gudep) di Kwartir Cabang 11.28 Tegal dapat mencetak Pramuka Garuda baik Siaga, Penggalang maupun Penegak/Pandega yang dapat menjadi teladan bagi teman – teman dilingkungannya.

“Harapannya, kedepan Gudep dapat mencetak Pramuka Garuda yang mampu menjadi contoh teladan bagi temannya,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut diberikan beberapa materi bintek antara lain tujuan Pramuka Garuda, cara meraih Pramuka Garuda serta penyajian materi dalam bentuk ceramah dan diskusi yang dipandu oleh Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab 11.28 Tegal. (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar