**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 28 Mei 2012

86 Penegak Bantara Dilantik


DUKUHTURI — Sejumlah 86 anggota Pramuka Penegak Gugusdepan Tegal 05.109 / 05.110 Ambalan Mandala Surya Brata dan Ambalan Sekar Arum Pamukti pangkalan SMK Negeri 1 Dukuhturi  dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara. Pelantikan dikemas dalam suatu perkemahan Praja Muda Karana yang digelar di sekolah setempat, Minggu s.d Senin (27-28/5) lalu.

Kepala SMK Negeri 1 Dukuhturi selaku Ketua Mabigus, Drs. Samsul Mutasodirin, M.Pd mengatakan kegiatan perkemahan Pramuka ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka sekaligus untuk meningkatkan kualitas anggota Pramuka Penegak.

“Pelantikan ini sebagai sarana mengembangkan persaudaraan, persatuan di kalangan Pramuka Penegak. Selain itu memberikan kegiatan yang bersifat kreatif, reaktif, Inovatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupan dan dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan jaman,” ungkapnya didampingi Pembina Gudep, Drs. Harun Arasian.
Menurut Arifiyah, Pradana Putri SMK N 1 Dukuhturi menjelaskan sebelum dilantik dan dikukuhkan dalam suatu upacara, para peserta yang merupakan calon penegak bantara diharuskan mengikuti Uji Kecakapan Umum tingkat Bantara untuk semua point sesuai dengan yang dipersyaratkan.
“Sebelumnya calon bantara diharuskan mengikuti Uji SKU yang disyaratkan,” terangnya.
Terpisah Sekretaris Kwarran Dukuhturi, Wihartono didampingi Anru Penegak Pandega, Khalim Mahfud mengharapkan kegiatan Kepramukaan dapat dilaksanakan secara rutin dipangkalan Gugusdepan / sekolah dengan tetap  berpedoman pada petunjuk dan SK Kwartir Nasional (Kwarnas).
“Saya berharap rutinitas kegiatan Pramuka disekolah agar tetap dipertahankan bila perlu ditingkatkan. Serta tetap mengacu pada aturan dan juklak yang ada yaitu SK Kwarnas, sehingga tidak keluar dari AD/ART Pramuka,” ujarnya.
Dalam rangkain kegiatan pelantikan tersebut,juga dilaksanakan bakti sosial (baksos) berupa pemberian sembako kepada warga masyarakat  sekitar yang kurang mampu, hal ini sesuai Dasadharma yang ke 2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar