**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 26 Maret 2012

Galang Tangkas Sarana Tingkatkan Kualitas


Adiwerna - Sebagai upaya meningkatkan kualitas, dan mutu anggota Pramuka khususnya usia Penggalang, Gugusdepan (Gudep) Tegal 04.151/04.152 pangkalan SMK Negeri 1 Adiwerna menggelar kegiatan uji kemampuan dan ketangkasan Penggalang yang bertajuk Galang Tangkas IX tahun 2012.
Kegiatan yang diikuti 18 Gudep SMP/MTs Kabupaten Tegal dan 1 (satu) Gudep SMP di Kota Tegal tersebut, berlangsung selama 1 (satu) hari dan dipusatkan dilingkungan sekolah setempat, Minggu (25/3).

Kepala SMK Negeri 1 Adiwerna, Drs H Sudarman selaku Ketua Mabigus yang berkesempatan membuka secara resmi kegiatan mengatakan suatu Gugusdepan (Gudep) yang mengadakan kegiatan Kepramukaan secara tidak langsung sudah melaksanakan pendidikan karakter.

“Galang tangkas ini, sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan Pramuka khususnya usia penggalang,” katanya.

Galang tangkas ke-9, sambung Sudarman, juga mengawali kegiatan peringatan HUT SMK Negeri 1 Adiwerna ke-33 yang jatuh pada tanggal 1 April 2012 mendatang.

“Terimakasih dan salut kepada Gudep yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tandasnya.

Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, M.Kes MMR saat meninjau kegiatan menuturkan Kwartir Cabang (Kwarcab) sangat mendukung upaya dari Gudep dalam menggelar ajang ketrampilan dan ketangkasan bagi Pramuka termasuk Penggalang.
“Kegiatan ini sangat bagus bagi peningkatan kualitas Pramuka. Selain SMK 1 Adiwerna, di SMA 1 Slawi juga menggelar kegiatan sejenis,” kata Joko didampingi Sekretarisnya Prawoto SY saat meninjau kegiatan.
Ketua Panitia galang tangkas, Ridwan Nur A menjelaskan ajang galang tangkas merupakan sarana untuk membentuk watak, sikap dan perilaku anggota gerakan pramuka khususnya Penggalang. Selain itu juga guna mempererat tali persaudaraan antara anggota Pramuka Penggalang dengan anggota pramuka penegak khususnya di pangkalan SMK Negeri 1 Adiwerna.

“Ajang galang tangkas ini juga sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas dan mental Pramuka Penggalang,” terangnya

Dalam GT tahun ini, lanjut Ridwan, ada yang berbeda dan istimewa, yaitu panitia kedatangan tamu dari Kwarran Rawalumbu, Kabupaten Bekasi, Jawa barat yang ikut memeriahkan acara ini dengan mendirikan stand Pramuka.
“Alhamdulillah, kegiatan ikut diramaikan dengan stand dari Kwarran Rawalumbu,” tukasnya.
Hasil perolehan kejuaraan secara urut sebagai berikut : lomba Pionering : MTs N Slawi, MTS SA Pecabean, SMP 1 Talang; Senam tongkat fariasi : SMP 1 Adiwerna, SMP 3 Adiwerna, MTs Filial Al Iman Adiwerna; LCT  : SMP 1 Adiwerna, SMP 1 Lebaksiu, MTS N Slawi; Galang Karya Putra : SMP 1 Talang, SMP 1 Adiwerna, SMP N 19 Kota Tegal; Galang karya Putri : SMP 1 Lebaksiu, SMP 1 Talang, SMP 1 Adiwerna; Lintas medan Putra : SMP 1 Adiwerna, SMP 3 Adiwerna, SMP 1 Talang; Lintas medan Putri : SMP 1 Adiwerna, SMP 2 Adiwerna, SMP 1 Talang.

“Dengan perolehan juara, maka SMP 1 Adiwerna menjadi Juara Umum sehingga berhak atas tropi bergilir amdikar. Dan kepada para juara diberikan Tropi tetap dan piagam penghargaan,” tegasnya
Kegiatan ditutup secara resmi oleh Komandan Brigif 4 / Dewa Ratna Slawi yang diwakili Kasi Teritorial, Kapten Infanteri Y. Totok, dalam sambutannya merasa bangga dan mengucapkan selamat serta terimakasih kepada semua perangkat yang terlibat dalam kegiatan galang tangkas.
“Saya merasa bangga karena kegiatan ini sangat membantu membentuk generasi muda yang penuh dengan karakter,” pungkasnya. (Hasan)

1 komentar:

Berbagai Info mengatakan...

Good news. Salam Pramuka!

Posting Komentar