**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 25 Maret 2012

26 Gudep SMP/MTs Tiga Daerah Ikuti GSAM


Slawi – Sebanyak 700 Pramuka penggalang dari 26 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP/MTs tiga wilayah Bregas yaitu Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes meramaikan kegiatan Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) ke – 4 tahun 2012. Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT ke-23 Ambalan Gajahmada dan Nyi Ageng Serang Gudep Pangkalan SMA Negeri 1 Slawi itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum, Minggu (25/3).
Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Drs Edi Pramono, Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, M.Kes MMR, Camat Slawi, Abuseri, S.IP, Pengurus Kwarcab, dan Pembina Pendamping peserta kegiatan.

Wakil Bupati dalam sambutannya menegaskan semua materi kegiatan yang dilombakan dalam GSAM bukanlah merupakan tujuan akhir, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan, yaitu untuk mewujudkan kemampuan fisik, pengetahuan, ketrampilan, kedisiplinan pribadi, tanggungjawab dan sikap mental yang mantap bagi peserta.

“Dengan demikian, dalam pelaksanaan kegiatan ini saya berharap tetap berpegang teguh pada obyektifitas kenyataan yang ada, terlebih untuk mata lomba dimana penilaiannya dapat dipengaruhi dengan unsur rasa subyektifitas,” tegas hery.

Menurut Wakil Bupati yang juga Ketua Harian Mabicab, kegiatan GSAM hendaknya dapat dijadikan sarana untuk mencari dan saling tukar pengalaman, sehingga akan dapat menambah pengetahuan yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

“Jadikan kegiatan ini untuk saling tukar pengalaman, sehingga akan  menambah pengetahuan adik-adik,” tandasnya.

Kegiatan GSAM, lanjut Wabup, merupakan salah satu jawaban bahwa pimpinan Satuan Pramuka telah berupaya inovatif menghilangkan kesan bahwa “Pramuka hanya pandai tepuk tangan, bernyanyi, berkemah dan menghabiskan uang saja”.

“Memang hasil pendidikan terlebih pembentukan watak, sikap mental tidak serta merta cepat kita ketahui hasilnya,” Pungkasnya.

Ketua Panitia GSAM, Ahmad Masykur menjelaskan kegiatan GSAM bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan serta kesatuan dikalangan pramuka penggalang dalam kegiatan prestasi. Selain itu juga sebagai ajang pencapaian prestasi bagi para anggota pramuka penggalang di Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes.

“Ajang ini juga menjadi sarana pengembangan diri dalam bina satuan bagi Pramuka Penegak SMA Negeri 1 Slawi,” katanya.

Dikatakan Masykur, kegiatan yang mengambil tema “semangat dan kreatifitas untuk mewujudkan Pramuka cerdas” memperebutkan trophi tetap Ketua Kwarcab 11.28 Tegal dan trophi bergilir Wakil Bupati Tegal.

“Juara 1,2,3 masing-masing lomba disediakan piala tetap dan piagam penghargaan. Untuk juara umum akan membawa Tropi bergilir Wakil Bupati ditambah uang pembinaan,” terangnya.

Berbagai perlombaan siap disajikan dalam GSAM ke – 4 yaitu pioneering (Ganas Pionering Competition), lomba melukis poster (Ganas Poster Competition), LCT (Ganas Smart Competition), bercerita dalam bahasa jawa (Ganas Jacaneese Competition), senam tongkat (Ganas Stick Gym Competition) dan Penjelajahan (Ganas Scout Rally).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Tegal dan dimeriahkan dengan atraksi meluncur oleh Penegak SMA Negeri 1 Slawi. (Hasan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar