**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 04 Agustus 2013

Pesantren Pramuka, Sarana Intensifkan Pendalaman Spiritual



BOJONG – Momentum  datangnya bulan Ramadhan, biasanya dimanfaatkan hampir setiap organisasi, instansi, dan lain sebagainya untuk meningkatkan porsi kegiatan spiritual. Begitupun juga dengan Pramuka, yakni Gugugsdepan (Gudep) Tegal 18.003/18.004 pangkalan SMP Negeri 1 Bojong dengan melaksanakan kegiatan yang dikemas dalam Pesantren Pramuka.

Kegiatan yang bertujuan guna mengintensifkan dan meningkatkan pengetahuan di bidang keagamaan dan pendalaman spiritual bagi peserta didik khususnya anggota Pramuka digelar selama 2 hari yaki Rabu (31/7)  dan berakhir Kamis (1/8) lalu dipangkalan sekolah setempat.  

Kepala SMP Negeri 1 Bojong, H.Wakhyu Edy S.Pd  melalui Wakasek, Eko Suryanto S.Pd mengatakan kegiatan Pesantren Pramuka ini sudah menjadi program rutin sekolahnya dan telah berlangsung selama tiga tahun berturut – turut setiap bulan suci Ramadan.

“Pesantren Pramuka merupakan ajang silaturahmi, serta pemantapan mental dan pendalaman kegiatan spiritual bagi anggota Pramuka SMP Negeri 1 Bojong,” ujarnya

Dikatakannya, dari kegiatan pesantren pramuka ini, diharapkan semua anggota Pramuka Gudep SMP Negeri 1 Bojong memiliki kecakapan dan ketrampilan di bidang kepramukaan, memiliki mental yang tangguh, dan meningkatnya ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Selain itu mereka juga dapat menjadi contoh yang baik, yakni di sekolah maupun dilingkungan rumahnya masing-masingg,” harapnya

Pembina Pramuka setempat, Muhson S.Pd menjelaskan adapun kegiatan pesantren pramuka diisi dengan  pendalaman materi kepramukaan, Tadarus Al Qur’an, Ceramah Keagamaan, Sholat berjamaah, buka puasa bersama, Sholat  tarawih berjamaah, sholat malam berjamaah, dan kegiatan rohani lainnya.

“Kegiatan ini diikuti lebih 100 peserta dan mereka mengikuti kegiatan dengan penuh antusias,” ungkapnya

Menurut Muhson, pesantren Pramuka merupakan wujud pengamalan Dasa Dharma Pramuka utamanya Dasa Dharma yang pertama yaitu Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Selain untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Alloh SWT, kegiatan ini juga sebagai ajang persiapan untuk menghadapi kegiatan Jambore Cabang yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi,” pungkasnya. (admin)

Baca juga di : http://beritaseputartegal.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar