**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 21 Juni 2011

Kwarran Slawi Gelar Pelatihan Pengelolaan Gudep

Slawi – Sebanyak Sembilan pangkalan Gugus Depan (GUDEP) Penegak se Kwartir Ranting (Kwarran) 11.28.08 Slawi mengikuti Pelatihan Pengelolaan Gugus Depan (GUDEP) tahun 2011 di Aula Pertemuan SMK Negeri 2 Slawi, Minggu (19/6) kemarin.  
Ketua Kwartir Ranting11.28.08 Slawi, Drs. Ahmad Dimyati yang diwakili Wakil Ketua Kwarran Suparjo, S.Pd dalam sambutannya mengatakan sebagaianggota Pramuka, peserta didik diharapkan dapat mengaplikasikan kegiatan Pramuka sesuai dengan Satya dan Dharma Pramuka yaitu Trisatya dan Dasa DharmaPramuka.
 
“Satya dan Dharma Pramukahendaknya dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari – hari,” katanya.
 
Senada, salah satu Pemateri Suwarno, S.Pd menjelaskan seorang Pramuka sejati akan menjadi calon penghuni surga, jika mampu mengamalkan Trisatya dan Dasadharma Pramuka dengan benar.
 
“Trisatya dan Dasadharma ibarat rohnya Pramuka, jika seorang Pramuka mampu mengamalkannya. Insya Alloh akan selamat dunia dan akhirat” tandasnya.
 
Meskipun Pramuka, imbuh Suwarno, dalam kegiatan selalu bergembira. Bukan berarti hal itu sebagai bentuk hura – hura. Akan tetapi merupakan satu metode untuk mencapai tujuan dari Gerakan Pramuka, yaitu membentuk manusia yang berkarakter.
 
“Keseriusan, sungguh – sungguh dan disipilin adalah salah satu kunci mencapai kesuksesan,” imbuhnya.
 
Ketua Dewan Kerja Ranting (DKR) Slawi, Rahmat Nur didamping anggotanya Moh. Irfan mengatakan pelatihan pengelolaan Gudep bertujuan memberikan bekal merupakan Pramuka Penegak dalam pengelolaan administrasi dan manajemen. Sekaligus sebagai wahana kaderisasi dan pembentukan watak dan moral pancasila.
 
“Pelatihan ini diisi dengan kegiatan edukatif dan inovatif menuju Gudep Percontohan,” terangnya.
 
Dalam pelatihan ini, tambah Rahmat, peserta diberikan beberapa materi antara lain Emotional Spiritual Question (ESQ), kegiatan bermutu, administrasi Pramuka, Tata Upacara Pramuka. Dengan narasumber antara lain Kak Norma Tsulasa, S.Pd (Andalan Cabang), kak Farid Zakaria, S.Pd (Andalan Cabang) dan kak Suwarno, S.Pd (Waka Kwarran Slawi).
 
“Kegiatan juga diisi dengan sosialisasi UU Pramuka,” pungkasnya. (s@n/hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar