**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 03 Juni 2011

Tarik Minat Pramuka, Gudep SMP 1 Dukuhturi Bentuk OVD

 


Dukuhturi - Dalam rangka menyalurkan bakat seni peran bagi anggota Pramuka khususnya Pramuka Penggalang, sekaligus sebagai upaya menciptakan kegiatan kepramukaan yang lebih variatif dan inovatif sehingga dapat menghapus image dikalangan sebagian pelajar yang menganggap bahwa Pramuka hanya tepuk-tepuk dan nyanyi-nyanyi belaka.  Team Kreatif Gugugs Depan (Gudep) 807/808 yang berpangkalan di SMP N 1 Dukuhturi membentuk Opera ala OVJ (Opera Van Java-red).

“Opera ini kami namakaan Opera Van Dukri (OVD),” tutur Pembina Pramuka SMP N 1 Dukuhturi, Iman Hadi Purwono, Jum’at (3/5) kemarin.

Menurutnya, selain untuk menggali bakat siswa, Opera ala Pramuka ini juga diharapkan dapat membangun suatu pencitraan yang baik sehingga Pramuka menjadi suatu kegiatan yang diminati pelajar dan didukung oleh semua komponen warga sekolah dan masyarakat.

“Lewat Opera ala Pramuka ini, diharapkan minat siswa terhadap kegiatan Pramuka akan meningkat,” harapnya.

Opera tersebut, kata Iman, digagas oleh team kreatif yang beranggotakan 7 orang Pembina Gudep SMP N 1 Dukuhturi. Dimana team telah berhasil menyelesaikan satu episode perdana yang berjudul malin kundang. Dengan memadukan gaya acting adik-adik Dewan Penggalang dengan  lagu-lagu  favourite dan  kemampuan editing suara serta iringan musik tradisional calung (angklung).

“Pentas OVD ini mendapat sambutan meriah dan mampu menggemparkan panggung pada pentas seni  akhir tahun yang digelar pekan lalu,” katanya.

Selain OVD, imbuh Iman, dalam rangka mengemban amanat UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Gugus Depan (Gudep) 807/808 Pangkalan SMP N 1 Dukuhturi tengah mengembangkan potensi diri anggota Pramuka yaitu antara lain dengan memanfaatkan teknologi Informatika dan komputer dalam pendidikan kepramukaan.

“Pengembangan potensi pramuka juga penting dilakukan sejalan dengan amanat UU Pramuka,” Pungkasnya. (s@n/Humas Kwarcab).

1 komentar:

Alip HM mengatakan...

Setahu saya Pembina Pramuka SMP N 1 Dukuhturi ketika membentuk OVD bukan Bpk.Samsudin

Posting Komentar