**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 12 Juni 2011

Dewan Kerja Gelar Pelatihan JOTA

SLAWI – Sebanyak 93 Pramuka Penegak dan Pandega perutusan Gugus Depan (Gudep) SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi (PT), Satuan Karya (SAKA) dan Dewan Kerja Ranting (DKR) se Kwarcab 11.28 Tegal mengikuti Pelatihan Jamboree On The Air (JOTA) yang digelar Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab 11.28 Tegal di Sanggar Pramuka, Slawi, Minggu (12/6).
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal yang diwakili Sekretaris Kwarcab Prawoto SY. Menurutnya pengetahuan tentang Komunikasi radio tetap penting dan diperlukan oleh anggota Pramuka. Meskipun di era sekarang sudah ada Handphone (HP) yang hampir setiap orang memiliki.

“Meskipun sekarang sudah ada HP, namun pengetahuan tentang Komunikasi lewat Radio tetap penting untuk Pramuka,” katanya.

Karena, kata Prawoto, Komunikasi radio dapat dimanfaatkan dalam membantu kegiatan sosial dan pertolongan bencana, seperti Gunung Meletus, Tsunami, banjir bandang dan sebagainya.

“Pada kegiatan pertolongan bencana, komunikasi radio memiliki peran yang penting,” tandasnya.

Panitia Pelaksana, M. Oki Mualimin menjelaskan Pelatihan Jamboree On The Air (JOTA) bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan bagi kaum muda yaitu Pramuka Penegak dan Pandega dalam perangkat elektronik khususnya komunikasi menggunakan perangkat Radio Amatir.

“Peserta dikenalkan macam-macam alat komunikasi (Alkom), Standar Operating Prosedur (SOP) dalam berkomunikasi radio amatir,” jelasnya.

Melalui pelatihan ini juga, imbuh Oki, diharapkan akan terbina persaudaraan dan persatuan diantara sesama anggota Gerakan Pramuka melalui Komunikasi Radio yang pada gilirannya akan memperkokoh persatuan nasional.

“Lewat Komunikasi radio, kita bisa menjalin persahabatan sesama Pramuka se Nusantara maupun sedunia,” imbuhnya.

Pelatihan dikemas dalam bentuk pemberian materi tentang pengetahuan komunikasi, Standar Operating Prosedur (SOP) dalam Komunikasi radio Amatir, dan Praktek menggunakan perangkat Radio yang dipandu oleh pemateri dari Andalan Cabang Kwarcab 11.28 Tegal yaitu Kak Djuliono, S.Sos (Pelatih Cabang) dan Kak Nurkhasan, Pb Ancu Humas Kwarcab 11.28 Tegal yang juga anggota ORARI Lokal Slawi. (s@n/Humas Kwarcab).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar