**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 09 Mei 2016

Puluhan Penggalang Dilatih Jurnalistik


SLAWI – Sebanyak 32 anggota Pramuka Penggalang yang tergabung dalam Kontingen Jamnas 2016 Kwarcab Tegal mengikuti pengenalan Dasar Jurnalistik. Kegiatan digelar di Pendopo Sanggar Pramuka Cabang, Minggu (8/5) siang.

Ancu Penggalang yang juga Panitia Kegiatan, Wahidin, S.Pd menjelaskan,  rangkaian kegiatan perkemahan training center Kontingen Jamnas 2016 diisi dengan beragam kegiatan diantaranya pengenalan Jurnalistik Dasar.


"Secara khusus, kita sengaja mengenalkan materi Jurnalistik dasar kepada peserta didik dengan menghadirkan narasumber dari Humas Kwarcab. Hal ini, agar adik-adik calon peserta Jamnas mengetahui seluk beluk dunia Jurnalistik. Minimal adik - adik tahu dasar jurnalistik, sehingga mampu membuat berita," imbuhnya.

Sementara Pemateri, Nurhasan yang Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab Tegal menuturkan, perkembangan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan.

Oleh karenanya, anggota Pramuka juga dituntut mampu mengikuti perkembangan Teknologi Informasi termasuk didalamnya dibarengi dengan memahami tentang Jurnalistik. "Hal itu penting dalam rangka memasyarakatkan dan meningkatkan citra positif Gerakan Pramuka," ungkapnya

Dilingkungan sekolah / Gugus Depan, lanjut Khasan, penerapan Jurnalistik dapat diwujudkan dengan membuat media-media informasi seperti; majalah dinding (mading), majalah Pramuka, tabloid, bulletin, Warta Penggalang atau lainnya.

"Setidaknya dengan mengenal dasar Jurnalistik, aktifis Pramuka di pangkalan Gudep mampu mewujukannya dalam bentuk mading, buletin Penggalang atau bila mungkin tabloid untuk mempublikasikan kegiatan dilingkungannya," ujarnya

Dalam kesempatan itu,
32 Penggalang calon peserta Jamnas 2016 dikenalkan rumus dasar menulis berita yang sudah lazim dikenal yakni 5W+1H. Dimana mencakup, What (Apa), Where (Dimana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) + How (Bagaimana). (Humas). (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar