**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 30 Mei 2016

Kwarcab Pramuka Tegal Dinilai Tim Kwarda Jawa Tengah

SLAWI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal dinilai tim Kwarda Jawa Tengah dalam lomba kwarcab tergiat Jateng 2016, Minggu (29/5) kemarin. Penilaian dilakukan hingga menjelang Maghrib di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Tegal di Jalan KH Agus Salim Nomor 2 Kelurahan Kudaile, Slawi. 

Tim Kwarda Jateng dipimpin oleh Mardi Saputro SH merangkap anggota bidang organisasi dan hukum. Turut mendampingi 5 anggota tim yakni Bambang SB (Bidang keuangan, Usaha dan sarpras), Sri Sutarti (Binamuda), Astuti Sakdiyah (Binawasa), Drs Sigit Djoko Sutomo (Abdimas dan Humas), dan Aridia Sarasvati (DKD). 

Sementara dari Kwarcab Tegal hadir yakni anggota Mabicab, jajaran Pimpinan Kwarcab, Pengurus Kwarcab, Pimpinan Satuan Karya dan Satuan Komunitas, Dewan Kerja Cabang dan Kwartir Ranting se Kwarcab Tegal. 

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo, MM mewakili Ketua Kwarcab Pramuka Tegal, mengatakan, sejumlah prestasi ditorehkan oleh Pramuka Kwarcab Tegal pada tahun 2015 lalu. Diantarannya Juara 2 Pramuka Garuda Berprestasi Jawa Tengah Penegak Putra dan Meraih Lencana Teladan Nasional untuk Pramuka Penggalang putri. 

“Bidang Humas Abdimas dan Bidang Orgakum juga meraih Tunggul tergiat 1 Jawa Tengah pada tahun 2015 lalu,” katanya. Sedangkan tahun 2016, lanjutnya, merupakan awal kepengurusan baru Kwarcab Tegal periode 2016-2020 dan telah melaksanakan sejumlah kegiatan serta menggondol sejumlah prestasi pula. “Kegiatan terbaru yang kita gelar adalah Festival Pramuka. Ini baru ada di Jawa Tengah, kegiatannya sih mungkin biasa, tapi kemasannya yang luar biasa,” ungkapnya. 

Agus menambahkan, sedangkan prestasi pada tahun 2016 yang berhasil diraih Kwarcab Tegal antara lain pada ajang Pramuka Garuda Berprestasi Jawa Tengah (Eagle Scout Award Jateng) meraih beberapa kategori juara yaitu Juara 1 Penegak putra, juara 2 Penggalang putri, juara 3 Penggalang putra, juara 4 Penegak putri dan Juara 4 Siaga putra. 

Ketua tim penilai Kwarda Jateng, Toro Mardi Saputra mengatakan, Lomba Kwartir Cabang merupakan agenda rutin sebagar sarana pembinaan langsung kepada 35 Kwartir Cabang se Jawa Tengah. “Pembinaan ini untuk penataan organisasi dan manajemen agar lebih baik kedepannya,” katanya. 

Waka Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin, MSi menambahkan, Kwartir Cabang Tegal merupakan salah satu Kwarcab yang menjadi barometer pembinaan Pramuka di Jawa Tengah. Hal itu terbukti dengan sejumlah prestasi yang ditoreh antara lain Kwartir tergiat 1 bidang Humas Abdimas 4 tahun berturut-turut sejak 2012, 2013, 2014, 2015 dan Kwartir tergiat 1 bidang Organisasi Hukum tahun 2015. 

“Semoga sejumlah prestasi dapat dipertahankan dan meningkat di tahun mendatang. Ini juga menjadi pemicu semangat kita dalam mengabdi membina karakter kaum muda Indonesia,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar