**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 22 Mei 2016

Ribuan Peserta Meriahkan Festival Pramuka 2016

SLAWI - Ribuan anggota Pramuka dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan pembina se Kabupaten Tegal turut memeriahkan gelaran Festival Pramuka tahun 2016. Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Kabupaten Tegal ke-415 tahun 2016, dipusatkan di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA), Sabtu (21/5/2016).

Acara diawali dengan penampilan dari anggota Pramuka SLB Manunggal Slawi yang menunjukan kemampuannya dalam Marching Band dan kesenian tradisional angklung. Meski memiliki keterbatasan, penampilan Pramuka SLB mampu memukau hadirin dan tamu undangan.

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,M.Kes,MM mengatakan, momentum kegiatan Festival Pramuka Kwartir Cabang Tegal digelar dalam rangka mangayuhbagyo Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tegal ke-415 sekaligus media untuk memasyaratkan Gerakan Pramuka.

“Selaku Ketua Kwartir Cabang, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Kwartir Ranting dan Gugusdepan pangkalan SD/SMP/SMA sederajat yang telah turut berpartisipasi menjadi bagian kegiatan Festival ini. Tak ketinggalan pula segenap Pengurus / andalan dan jajaran panitia, yang telah berupaya maksimal sehingga terselenggaranya kegiatan Festival Pramuka tahun 2016,” Katanya.

Dia mengatakan, kegiatan Festival Pramuka merupakan ide dan gagasan dari Bupati Tegal Ki Enthus Susmono selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka yang diharapkan dapat menjadi ciri khas kegiatan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal.

“Festival juga sekaligus sebagai kegiatan tradisi setiap Tahun yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagi alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,” tandasnya.

Ketua Panitia Festival Pramuka, Sonhaji,S.Pd menjelaskan, Festival Pramuka diselenggarakan dengan maksud untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Tegal serta dalam rangka menyemarakkan HUT ke-415 Kabupaten Tegal.

“Kegiatan antara lain bertujuan meningkatkan dan memantapkan ketrampilan / Scouting Skill anggota Gerakan Pramuka. Acara berlangsung semarak sesuai dengan Tema yang kita usung yakni Pramuka Keren, Gembira dan Asyik,” terangnya.

Dia yang juga Wakil Ketua Kwarcab Bidang Binamuda itu memaparkan, Festival Pramuka diisi sejumlah lomba-lomba Pramuka dari semua golongan yakni Lomba Yel Pramuka Siaga dari Perwakilan Kwartir Ranting, Lomba PBB Variasi Penggalang SMP/MTs, Lomba Pionering Penegak SMA/SMK/MA, Lomba Foto Pramuka Peduli Lingkungan Hidup dan Lomba Tunas Kelapa setiap Gugusdepan.

“Festival juga dimeriahkan dengan sejumlah atraksi ketrampilan pramuka diantaranya Marching band dan angklung oleh 100 Pramuka SLB Manunggal Slawi, Senam Kreasi Semaphore oleh 300 Penggalang SMP 1 Slawi, SMP 1 Dukuhwaru dan SMP 1 Adiwerna, PBB Kreasi Penegak SMA 1 Slawi dan SMA 3 Slawi, Paduan suara dengan iringan gending Karawitan dari SMP 2 Adiwerna dan Simulasi Penanganan bencana gempa bumi oleh Ubaloka Kwarcab Tegal,” bebernya.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab. Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa,MHum selaku Sekretaris Mabicab yang mewakili Bupati Tegal ditandai dengan penekanan sirine dan pelepasan puluhan balon warna-warni. Hadir dalam kesempatan itu, anggota Forkompimda / Mabicab, Pengurus Kwarcab, Para Camat / Ketua Mabiran, Ketua Kwartir Ranting dan pembina Pramuka se Kabupaten Tegal. (Admin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar