**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Sabtu, 14 Mei 2016

Semarakan HUT 415 Kab. Tegal, Kwarcab Akan Gelar Festival Pramuka



SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal akan menggelar Festival Pramuka 2016, Sabtu (21/5) mendatang di Taman Rakya Slawi (TRASA). Kegiatan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-415 Kabupaten Tegal.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, MKes,MM mengatakan, Festival Pramuka merupakan ide dan gagasan dari Bupati Tegal Ki Enthus Susmono selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka yang diharapkan dapat menjadi ciri khas kegiatan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal.

“Festival Pramuka akan menjadi salah satu acara yang diadakan memeriahkan hari jadi Kabupaten Tegal tahun ini. "Tempat di Trasa (Taman Rakyat Slawi Ayu -Red. Dalam sehari, Trasa dipenuhi bendera Pramuka dan anak-anak berseragam Pramuka. Sesuai harapan Ketua Mabicab,” katanya kemarin.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Binamuda selaku Ketua Panitia Festival Pramuka, Sonhaji,S.Pd menuturkan, Festival Pramuka juga akan menjadi kegiatan tradisi setiap Tahun pada setiap HUT Kabupaten Tegal yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan. “Ini sebagai alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,” tuturnya

Dia mengungkapkan, hal lain yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah memasyarakatkan Gerakan Pramuka, karena pada dasarnya Pramuka dan masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan. “Momentum hari Jadi Kab. Tegal ini saat yang tepat untuk menanamkan jiwa patriot, sikap sukarela, bersahaja dan bertanggungjawab kepada negara bagi generasi muda Indonesia,” ungkapnya

Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.Pd menambahkan, kegiatan Festival akan diisi dengan lomba-lomba kepramukaan diantaranya yel-yel Siaga, Kreasi Baris Berbaris Penggalang, Ketrampilan Pionering Penegak dan Lomba Foto Pramuka Peduli. “Setiap gugus depan (Gudep) diminta membawa tunas kelapa yang akan difestivalkan. Tunas kelapa terbaik akan mendapat hadiah dari Bupati. Selanjutnya kelapa tersebut dibawa pulang untuk ditanam di sekolah. Kelapa akan dipantau apakah tahun berikutnya mati atau masih hidup,” bebernya.

Selain perlombaan, lanjutnya, Festival Pramuka juga akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan atraksi dan gelar ketrampilan kepramukaan dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pembina se Kabupaten Tegal.

“Festival juga akan diisi dengan banyak atraksi Pramuka seperti drumband dan calung Pramuka SLB Manunggal Slawi, paduan suara dengan iringan gending karawitan, senam kreasi semaphore, ketangkasan PBB, senam pramuka pembina dan lainnya,” imbuhnya
                      
Bagi Kwarran dan Gugusdepan yang belum mendaftar masih ditunggu hingga tanggal 19 Mei 2016 di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal, Jalan KH Agus Salim Nomor 2 Kelurahan Kudaile, Slawi. “Juklak kegiatan dapat diunduh di website pramukaslawi.com,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar