**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 24 Juli 2015

Ubaloka dan Trashbag Lakukan Aksi Bersih Gunung Slamet



SLAWI – Sejumlah pendaki gunung Slamet yang berasal dari Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwartir Cabang Pramuka Tegal, Komunitas Pendaki Gunung (KPG) Karawang dan Komunitas Peduli Sampah Gunung (Trashbag Community) Jakarta melakukan aksi bersih sampah disepanjang rute pendakian Gunung Slamet.

Aksi peduli lingkungan itu berlangsung selama 3 hari yakni sejak Selasa (21/7) hingga Kamis (23/7) belum lama ini dengan mengambil rute pendakian dari jalur wisata Guci, Tegal.

Komandan Ubaloka Kwarcab Tegal, Anisa Ria Sintatika mengatakan, aksi bersih sampah di rute pendakian gunung Slamet dimaksudkan untuk mengingatkan para pendaki untuk tetap peduli terhadap kelestarian alam sekitar dari sampah yang dibawanya saat mendaki gunung.

“Kita mulai naik Selasa (21/7) jam 13.00 wib dan turun kembali ke Obyek Wisata Guci Kamis malam sekitar jam 21.00 Wib,” ujarnya kemarin.

Dia berharap, dengan aksi tersebut gunung dan hutan akan tetap hijau dan asri serta bebas dari sampah yang disebabkan oleh ulah manusia. “Mudah-mudahan, aksi kita ini akan menggungah teman-teman pendaki untuk mewujudkan gunung dan hutan yang tetap hijau dan asri,” ungkapnya.

Disisi lain, Koordinator Trashbag Commuty, Wahid Himawan mengungkapkan, aksi bersih sampah mengusung tema “Gunung Bukan Tempat Sampah” diharapkan mampu menjadi pengingat para pendaki untuk tidak membuang sampah sembarang di hutan dan gunung saat melakukan pendakian.

“Dari aksi ini, kita berhasil mengumpulkan sampah  sebanyak 4 kantong plastik besar yang terdiri dari sampah plastik dan  bekas botol air mineral kosong,” imbuhanya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar