**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 06 Juli 2015

Pesantren Pramuka Sarana Pembentukan Karakter



BOJONG – Momentum  datangnya bulan suci Ramadhan, biasanya dimanfaatkan hampir setiap organisasi, instansi, dan lain sebagainya untuk meningkatkan porsi kegiatan spiritual. Begitu juga dengan Gerakan Pramuka, yakni Gugugsdepan (Gudep) Tegal 18.003/18.004 pangkalan SMP Negeri 1 Bojong dengan melaksanakan kegiatan yang dikemas dalam Pesantren Pramuka.

Kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan setiap bulan Ramadhan tiba itu, berlangsung selama dua hari satu malam ini yakni hari Sabtu-Minggu, (4-5/7) dan diikuti oleh anggota Dewan Kerja Penggalang (DKP) Pramuka SMP Negeri 1 Bojong.

Kepala SMP 1 Bojong, Indri Sarwasih S.Pd melalui Pembina Pramuka, Muhson S.Pd mengatakan, Pesantren Pramuka bertujuan untuk membentuk karakter siswa terutama dalam bidang religius. Karakter siswa dididik agar lebih dekat kepada sang pencipta Allah SWT dan lebih mengenal segala sesuatu mengenai agamanya. “Keseimbangan antara pendidikan jasmani dan rohani yang harus dikuasai oleh siswa dapat diperoleh melalui Pesantren Ramadhan ini,” katanya.

Dikatakannya, dari kegiatan pesantren pramuka ini, diharapkan semua anggota Pramuka Gudep SMP Negeri 1 Bojong memiliki kecakapan dan ketrampilan di bidang kepramukaan, memiliki mental yang tangguh, dan meningkatnya ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Selain itu mereka juga dapat menjadi contoh yang baik, yakni di sekolah maupun dilingkungan rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Dirinya berharap, kegiatan pembentukan karakter lewat pesantren pramuka dapat di ikuti oleh Gudep-gudep yang lain agar lebih meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. “Ini juga sebagai pengamalan Dasa Dharma Pramuka utamanya Dasa Dharma yang pertama yaitu Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

Dalam kegiatan Pesantren Pramuka ini diisi dengan berbagai macam kegiatan, antara lain : Tadarus Al Qur’an, buka puasa bersama, sholat taraweh berjamaah, tausyiah, sholat malam dan dilanjutkan dengan saur bersama. Pemberian tausyiah ini dilakukan oleh para Pembina SMP Negeri 1 Bojong. Materi-materi yang diberikan berisi pesan moral dan pesan-pesan tentang keagamaan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa di kemudian hari. (Admin/Muhson)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar