**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 08 Juli 2015

Pramuka Terbukti Membentuk Karakter



SLAWI - Gerakan Kepanduan Pramuka telah terbukti membentuk karakter peserta didiknya menjadi generasi yang berkualitas, cinta tanah air dan bangsa. Juga menjadikan anak-anak patuh pada ayah bundanya dan selalu taat beribadah.

"Maka menjadi kewajiban bersama untuk terus meningkatkan kegiatan pramuka guina mencetak generasi yang berkualitas," kata Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi Hukum (Orgakum), Drs H Agus Subagyo MM

Menurutnya, sebagai gerakan pendidikan kepanduan mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan cinta tanah air dan bangsa (nasionalisme dan patriotisme), meningkatkan akhlakul karimah atau budi pekerti luhur (character building) dan meningkatkan ketrampilan hidup (life skill). “Tujuan ini tertuang dalam Undang-undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” tandasnya.

Dari segi manfaat, lanjutnya, Pramuka mempunyai banyak manfaat sesuai dengan tingkatan Siaga, Penggalang, Penega, Pandega dan Anggota Dewasa (Pembina, Pelatih, Instruktur). Hal ini diatur oleh Kwarnas tentang Petunjuk Penyelenggaraan Kegiatan Pramuka, serta diatur Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) pada setiap tingkatan.

“Kesemua tingkatan itu mempunyai kegiatan yang menarik, edukatif, produktif dan rekreatif sesuai dengan perkembangan usia. Misal kegiatan Siaga: pesta siaga, kegiatan Penggalang: Jambore, kegiatan Penegak/Pandega: Raimuna, Kemah Bhakti dan Wirakarya ,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar