**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 23 Februari 2015

Pramuka Lakukan Bersih Lingkungan



SLAWI – Untuk memperingati Hari Baden Powell, Puluhan Pramuka Penegak dan anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) Kwarcab Tegal melakukan aksi bersih kota sebagai bentuk kepedulian Pramuka terhadap kebersihan, Minggu (22/2).

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Sekretaris Humas Abdimas, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MM mengatakan, aksi bersih lingkungan merupakan diharapkan mampu menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan pada diri anggota pramuka sejak dini.

“Selain memperingati Hari lahir Baden Powel, kegiatan ini juga untuk mendukung program adipura Kota Slawi dan sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab dalam menciptakan kota Slawi yang teduh dan indah," ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatan diawali dari  halaman Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal. Selanjutnya anggota Pramuka menyisir dan berjalan di sepanjang jalan KH Agus Salim hingga perempatan lampu merah Koramil Slawi. "Setiap peserta yang melintasi jalan, wajib memungut sampah yang terlihat lalu memasukkannya kedalam kantong plastik yang telah disiapkan sebelumnya," cetusnya.

Selain memungut sampah, lanjut Teguh, pada jalur yang dilalui anggota Pramuka juga mencabuti paku yang menempel / menancap di pohon. "Lewat kegiatan ini Pramuka juga diharap memiliki jiwa sosial yang tinggi serta rasa kedisiplinan. Sudah saatnya Pramuka berdiri paling depan sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda," harapnya.

Sementara itu, Andalan Abdimas Kwarcab Tegal, Tri Basuki menuturkan, selain diwilayah Kota Slawi, kegiatan aksi bersih lingkungan juga dilakukan anggota Pramuka di wilayah Kwartir Ranting dan Gugusdepan di Kabupaten Tegal. "Untuk diwilayah Slawi dan sekitarnya, kegiatan melibatkan sedikitnya 50 anggota Pramuka dari unsur DKC, Ubaloka, SAKA dan perwakilan Penegak se wilayah Slawi," ungkapnya.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan Hari Baden Powell ke 158 antara lain aksi Donor Darah, malam renungan, penanaman pohon dan bersih lingkungan. "Untuk Donor Darah telah sehari sebelumnya dan terkumpul 20 kantung. Dan renungan digelar pada malam harinya menjelang tanggal 22 Februari," pungkasnya. (Admin/hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar