**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 02 Maret 2015

Bunda Nurlaela Buka Pesta Siaga Cabang



SLAWI – Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Bunda Nurlela Enthus Susmono yang juga Istri Bupati Tegal membuka secara resmi gelaran Pesta Siaga tingkat Kwarcab Tegal tahun 2015 di pelataran GOR Trisanja Slawi, Minggu (1/3) kemarin.

Ajang tahunan yang merupakan adu prestasi dan kemampuan Pramuka Siaga itu diikuti 36 barung tergiat dari Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal. hadir dalam kesempatan itu anggota Mabicab, Pimpinan dan Pengurus Kwarcab, Kepala SKPD, Camat dan Pengurus Kwarran se Kwarcab Tegal.

Dalam sambutannya Nurlela mengatakan, kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Tegal dilaksanakan rutin setiap tahun. Mungkin bagi kita para Mabi, Pengurus Kwarcab, Kwarran, dan para Pembina ada yang merasa jenuh karena seakan monoton. Tetapi bagi peserta anak – anakku siaga, saya nilai tidak demikian, karena peserta setiap tahunnya beda sesuai tingkatan usia dan kesempatan yang diperoleh Gugusdepan (Gudep).

“Istilah “Pesta“ untuk kegiatan Pesta Siaga, memang mengajak anak usia siaga untuk bergembira, bermain, unjuk ketrampilan yang mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan karakter. Unjuk ketrampilan dan kemampuan memang dinilai, tetapi harus dalam suasana ceria, penuh kekeluargaan, anak harus bebas tidak merasa ada tekanan dan beban, diharapkan dapat berjalan alamiah sesuai perkembangan kejiwaannya,” ujarnya

Menurut istri orang nomor satu di Kab. Tegal itu, dalam melaksanakan kegiatan guna pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan non formal seperti Pramuka ini memang perlu kesabaran dan pengorbanan. Karena di satu sisi Kakak-kakak para pengelola Kwartir, Gudep dan Pembina juga dituntut untuk menyelesaikan tugas dan mencukupi kebutuhan pokok.

“Walaupun, memang tugas pembinaan generasi muda, tidak hanya tugas para pengelola Kwartir dan Satuan  Gerakan Pramuka serta Pembina, tetapi tugas bersama seluruh bangsa dan warga Negara Indonesia yang bertanggungjawab, sebagaimana amanat undang-undang,” tandasnya.

Secara khusus Nurlela berpesan kepada Pramuka Siaga yang nanti dapat meraih prestasi tergiat tidak boleh sombong dan takabur, harus tekun dan berlatih lebih baik. Karena nanti tanggal 15 Maret 2015 barung tergiat I, II, III Putra dan Putri akan bertemu dengan Siaga perutusan Kwarcab se wilayah Pekalongan yang rencananya akan digelar di Kabupaten Pemalang, guna adu prestasi di Tingkat Binwil Pekalongan.

Bagi yang belum berhasil meraih prestasi tergiat juga jangan putus asa laksanakan latihan lebih giat di perindukan. Bunda juga berpesan agar adik-adik senantiasa menjaga kebersiha, karena kebersihan sebagian dari iman,” pesannya

Sementara itu Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Ketua Panitia Pelaksana, Nur Rentoningsih S.Pd yang juga andalan Cabang Urusan Siaga menjelaskan Pesta Siaga mengusung tema ‘Pramuka Siaga Rajin Terampil dan Gembira. Kegiatan diikuti oleh 18 barung putra dan 18 barung putri perutusan Kwarran se Kwarcab Tegal.

“Barung tergiat 1, 2 dan 3 akan maju mewakili Kabupaten Tegal ke tingkat Binwil Pekalongan tanggal 15 Maret di Kabupaten Pemalang,” jelasnya. (Admin/hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar