**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Selasa, 03 Februari 2015

Saka Bakti Husada Jatinegara Gelar PSN



JATINEGARA – Dalam rangka menekan jumlah korban penderita demam berdarah (DB), puluhan anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) pangkalan Puskemas Jatinegara melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  di Desa Tamansari, Jatinegara, Minggu (1/2) kemarin. Hal itu dilakukan juga seiring dengan datangnya musim hujan.


Kepala Puskesmas Jatinegara, Amat Kiswadi SKM M mengatakan, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bertujuan untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk sehingga mengurangi resiko terjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBB). “Kegiatan ini juga dimaksudkan agar anggota Pramuka Bakti Husada bisa praktek langsung menjadi penyuluh PSN,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan melibatkan sebanyak 20 anggota Pramuka SBH Kwarran Jatinegara Binaan Puskesmas Jatinegara. Dalam aksi Peduli tersebut, anggota SBH menyasar sedikitnya 100 rumah warga di Desa Tamansari. “Ada sekitar 100 rumah warga Tamansari yang menjadi sasaran PSN,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, lanjut Kiswadi, anggota SBH bersama masyarakat juga melakukan gerakan 3M yakni Menguras, Menutup dan Menimbun potensi sarang nyamuk Aedes Penyebab Demam Berdarah. “Dari gerakan 3 M, dilanjutkan dengan pemberian abate secara gratis,” imbuhnya.

Kiswadi menghimbau kepada warga agar rajin untuk membersihkan lingkungan. Selain itu, ia juga minta warga secara rutin menguras kolam tiap satu Minggu sekali. Hal itu untuk menghindari munculnya jentik nyamuk demam berdarah.

Sementara itu, Pamong Saka SBH Jatinegara, Rereb mengungkapkan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan PSN, pihaknya bakal melakukan pendampingan dan pemantauan secara rutin pelaksanaannya di masyarakat. “Kegiatan ini juga sebagai pengamalan Trisatya khususnya butir 2 yakni ikut membangun masyarakat,” pungkasnya.

Selain melakukan Gerakan PSN, sebelumnya juga dilakukan penyuluhan kesehatan kepada warga masyarakat setempat dan pembuatan lubang biopori / resapan air. (Admin Hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar