**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 13 Februari 2015

Kwarcab Pramuka Terjunkan Relawan ke Lokasi Longsor Muncanglarang



SLAWI - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mengirimkan sejumlah relawan ke lokasi longsor di Desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa. Relawan yang terdiri dari tim Pramuka Peduli dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) dikerahkan untuk membantu tim SAR dalam penanganan bencana.

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Pengurus Pramuka Peduli, Slamet Sugiarto mengatakan, pihaknya mendengar informasi terjadinya longsor diwilayah Bumijawa sekitar 16.00 Wib dan berulang malam harinya lantaran hujan deras yang mengguyur. “Mendengar informasi adanya longsor, anggota Ubaloka bersama tim BPBD menuju longsoran sekitar pukul 22.00 Wib. Namun karena terkendala cuaca dan penerangan penanganan longsor belum optimal,” terangnya.

Slamet Sugiarto melanjutkan, esok harinya pada Kamis (12/2) pagi, lima relawan Pramuka terdiri dari anggota Pramuka Peduli dan Ubaloka kembali dikirim ke Muncanglarang untuk bergabung tim SAR gabungan untuk membantu membuka akses jalan yang tertimbun material longsoran.

“Pada Kamis (12/2) pagi, 5 anggota Pramuka Ubaloka bersama tim SAR Gabungan dari Sibat, Satgana PMI, Polsek dan Koramil Bumijawa, BPBD, Satpol PP, Banser dan warga desa setempat bekerja bakti membersihkan material longsoran yang menimbun jalan sepanjang 50 meter,” paparnya.

Dia mengungkapkan, Kwarcab Pramuka dengan tim Pramuka Peduli dan Ubaloka siap membantu penanganan bencana yang terjadi diwilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. “Insya Alloh, Pramuka selalu siap dalam membantu penanganan bencana yang terjadi baik longsor, banjir maupun lainnya. Pada longsor di Banjarnegara, Kwarcab Tegal juga mengirimkan relawan Ubaloka kesana,” pungkasnya. (Admin Hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar