**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 19 Februari 2015

Kwarcab Pramuka Bentuk Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk


SLAWI – Pasca dilakukannya aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) pangkalan Puskemas Jatinegara di Desa Tamansari, Jatinegara awal Februari lalu. Gebrakan baru dilakukan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Tegal bersama Puskesmas Jatinegara sebagai lanjutan gerakan PSN tersebut yakni dengan membentuk pasukan khusus dengan nama Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk.


Pasukan tersebut beranggotakan unsur Puskesmas, Pamong Saka, Instruktur Saka dan anggota Saka Bakti Husada dan Bidan Desa di wilayah Kecamatan Jatinegara.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MR mengungkapkan pembentukan pasukan dilatarbelakangi meningkatnya kasus Demam berdarah pada akhir ini di Kabupaten Tegal. Dimana langkah terbaik adalah mengenyahkan jentik nyamuk dari genangan air bersih supaya tidak berkembang menjadi nyamuk. “Untuk merespon itu, maka kita Pramuka ingin berkontribusi dengan membentuk Pasukan yang kita berinama Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk. Kita awali di Jatinegara dan nantinya diharapkan akan menyusul di Kecamatan lain se Kwarcab Tegal,” ungkapnya kemarin.

Direktur RSUD Slawi itu melanjutkan, dengan pembentukan pasukan itu, diharapkan Pramuka peduli sebagai pelopor untuk mengajak masyarakat dan adik-adik sekolah untuk memburu jentik di genangan-genangan air bersih dimanapun berada seperti bak mandi sekolah, tempat minuman burung, ember, tempat pot bekas dan lain-lain. “Tugas Pasukan ini antara lain yakni mengamati dan membersihkan tempat-tempat genangan air bersih, mengubur kaleng-kaleng, ember-ember bekas, menutup tempat penyimpanan air bersih dan mengajak hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggal kepada masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Puskesmas Jatinegara, H Amat Kiswadi SKM MM sekaligus selaku Ketua Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk menjelaskan, pembentukan pasukan pemburu jentik merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Saka Bakti Husada Jatinegara yakni PSN dan penyuluhan kepada masyarakat di berbagai desa di kecamatan Jatinegara yang endemis demam berdarah pada awal Februari lalu. “Kami sangat beruntung, karena  Puskesmas Jatinegara melalui Pramuka Saka Bakti Husada mendapat kepercayaan sebagai tempat dibentuknya Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk pertama di Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

Dia mengatakan, secara resmi Pasukan Pemburu Jentik Nyamuk Kwarran Jatinegara yang berpusat di Puskesmas Jatinegara telah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR pada tanggal 18 Pebruari 2015 lalu melalui prosesi upacara. “Pengukuhan pasukan telah dilakukan oleh Ketua Kwarcab Tegal pada Rabu (18/2) lalu di Puskesmas Jatinegara,” ujarnya.

Menurut Kiswadi, tujuan pasukan ini yakni memberikan pendidikan Kesehatan pada masyarakat, menggerakan masyarakat untuk  pemberdayaan pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Jatinegara, guna menurunkan angka kesakitan penyakit menular,menurunkan angka kematian Ibu melahirkan dan bayi, juga tentang kesehatan reproduksi remaja, HIV dan AIDS.

“Ini juga untuk meningkatkan peran serta anggota SBH, para pamong saka dan  instruktur Saka Bakti Husada kepada masarakat dengan langsung terjun ke rumah-rumah masyarakat. Kegiatan antara lain PSN dengan 4M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur, Plus Cara lain dan Memantau), Larvanisasi dengan Abatenisasi / Pemberian abate dan Membantu pelaksanaan Fogging bekerja sama dengan petugas dari Dinkes di desa Jatinegara, Gantungan, Lebakwangi, Padasari dan Tamansari,” bebernya. (Admin/SBH)