**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 16 Februari 2015

Ribuan Pramuka Bumijawa Adu Prestasi



BUMIJAWA – Ribuan anggota Pramuka usia Siaga beradu prestasi dan ketangkasan dalam ajang Pesta Siaga tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bumijawa, Sabtu (14/2) kemarin di lapangan sepakbola Bumijawa. Meski sempat diguyur hujan, kegiatan yang dibuka oleh Camat Bumijawa, Ahmad Susiyanto BA selaku Ketua Mabiran itu, berlangsung dengan meriah dan semarak.

Ketua Kwarran Bumijawa Muslikhin, S.Pd melalui Ketua Panitia, Jatno S.Pd) menjelaskan, gelaran Pesta Siaga diikuti oleh 63 barung putra dan 63 barung putri dari utusan SD dan MI se-Kecamatan Bumijawa. Dengan komposisi setiap barung beranggotakan 10 Pramuka Siaga. “Jadi total peserta Pesta Siaga Bumijawa mencapai 1.260 Pramuka Siaga. Dan alhamdulillah kegiatan berlangsung semarak, meski cuaca mendung,” ujarnya.

Dia memaparkan, materi pesta siaga tahun 2015 terdiri dari 6 kompetensi bidang yakni Kemampuan memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan YME, Kemampuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur, Kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, Kemampuan berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan dan olah raga, Kemampuan memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan budaya indonesia dan Kemampuan mengikuti dan mentaati aturan kebiasaan untuk menumbuhkan kewajiban berbakti kepada keluarga, masyarakat dan negara. “Dari 6 kompetensi yang ada dijabarkan dalam 13 Warung kegiatan diantaranya Warung agama, ketrampilan, seni budaya, ketangkasan, bumbung kemanusiaan dan lainnya,” bebernya.

Jatno mengaku, adu prestasi Pramuka Siaga ini, untuk menjaring Barung tergiat yang bakal menjadi duta Kwarran Bumijawa maju ke tingkat Kwartir Cabang Tegal. “Barung tergiat 1 putra dan putri akan melaju ke tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Menurut Camat Bumijawa selaku Ketua Mabiran Ahmad Susiyanto BA, kegiatan Pesta Siaga ini merupakan kegiatan positif yang akan menghasilkan kader-kader Pramuka dan diharapkan memiliki prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. “Dengan adanya kegiatan kepramukaan yang dilandasi prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan inilah akan dihasilkan peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan hidup serta mau mengamalkan Dasa Darma Pramuka,” katanya saat membuka acara.

Dari ajang prestasi tersebut, berhasil menjadi barung tergiat yakni untuk Putra masing-masing tergiat 1 diraih MI Miftakhul Ulum Bumijawa, tergiat 2 SDN Guci 01 dan tergiat 3 SDN Pagerkasih 01. Sedangkan tergiat harapan diraih SDN Jejeg 01 sebagai juara harapan 1, SDN Cawitali 02 diposisi harapan 2 dan SDN Bumijawa 01 meraih juara harapan 3.

Sedangkan untuk Barung Putri tergiat 1 diraih SDN Jejeg 01, tergiat 2 SDN Guci 01 dan tergiat SDN Pagerkasih 01. Sementara juara harapan 1 diraih SDN Sokasari 02, harapan 2 SDN Sumbaga 02 dan harapan 3 diraih MI Miftakhul Ulum Bumijawa. (Admin/HmsBmj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar