**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 16 Februari 2015

Camat Adiwerna Membuka Pesta Siaga Ranting



ADIWERNA - Camat Adiwerna, Moh Soleh S.Sos MSi selaku Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Adiwerna membuka secara resmi Pesta Siaga tingkat Kwarran Adiwerna yang dihelat, Minggu (15/2) di pelataran SMK Negeri 2 Adiwerna. Peresmian pembukaan ditandai dengan pemukulan genderang oleh pembina upacara.

Kegiatan diikuti 64 barung Siaga terdiri dari  33 barung putra dan 31 barung putri dari Pangkalan Gudep SD dan MI se Kecamatan Adiwerna. Turut hadir Kepala UPTD Dikpora Adiwerna, Taufik Hidayat S.Pd MM, Sekretaris Binamuda Kwarcab, Suharjo S.Pd, Anggota Mabiran, para Pengawas TK/SD dan Kepala SD/MI selaku Ka Mabigus se Kecamatan Adiwerna.

Camat Adiwerna, Moh. Soleh S.Sos M.Si dalam sambutannya mengatakan Pramuka sejati harus memiliki dan mampu menerapkan 5 sikap yakni memiliki jiwa disiplin dan korsa, Taat kepada Tuhan dan orang tua, Pantang putus asa, berjiwa sehat dan memiliki dedikasi yang tinggi.

“Adik – adik adalah penerus kepemimpinan masa depan. Oleh karena itu, rubahlah sikap adik untuk menjadi lebih baik, disiplin, punya jiwa sportifitas. Bagi yang juara dalam pesta siaga jangan membusungkan dada dan bagi yang kalah jangan putus asa, itu adalah kemenangan yang tertunda,” ucap Soleh.

Ketua Kwarran Adiwerna, Sudirman S.Pd melalui Ketua Panitia, Nurkholis S.Pd menjelaskan, kegiatan pesta siaga merupakan kegiatan tahun Kwartir Ranting untuk memilih  barung tergiat putra dan putri untuk menjadi wakil Kwarran Adiwerna di tingkat Kwartir Cabang Tegal. “Pesta Siaga diikuti 33 barung putra dan 31 barung putri dari pangkalan SD/MI se Kecamatan Adiwerna,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Nurkholis, pesta siaga juga bertujuan untuk membina mental dan kepercayaan dan memupuk persaudaraan dan persatuan sesama pramuka siaga serta mengembangkan penghayatan kode kehormatan Pramuka. “Dengan Pesta Siaga ini diharapkan akan membentuk anggota Pramuka yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi moral dan berbudi pekerti luhur dan kuat dalam beragama,” imbuhnya.

Dari ajang tersebut berhasil mengantarkan para barung tergiat yakni untuk putra tergiat 1 SD Negeri Pesarean, tergiat 2 SD Negeri Adiwerna 1 dan tergiat 3 SD Negeri Pagedangan 1. Sedangkan untuk barung Putri tergiat 1 ditempati SD Negeri Kedungsukun 02, tergiat 2 MIS Harjosari Kidul dan tergiat 3 SD Negeri Adiwerna 06. (Admin Hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar