**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 02 September 2014

Pusdiklatcab Tegal Gelar Kursus Pembina Gudep



SLAWI - Ratusan Pembina Pramuka di pangkalan Gugusdepan (Gudep) dibekali pengetahuan tentang pengelolaan Gugusdepan dalam ajang Kursus Pembina Gudep yang digelar Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Cabang Kwarcab Pramuka Tegal 29-31Agustus 2014 di SMP Negeri 1 Warureja. Kegiatan diikuti 234 Pembina dari Gudep tingkat SD, MI, SMP, Tsanawiyah, SMA, SMK dan MA se Kabupaten Tegal.

Waka Pusdiklatcab Kwarcab Pramuka Tegal, Djoko Eko Pratomo M.Pd mengatakan Gugus depan merupakan ujung tombak pendidikan kepramukaan yang menjadi wadah pembinaan bagi anggota muda dan pengabdian bagi anggota dewasa dalam rangkat meningkatkan mutu kehidupan masyarakat khususnya pembentukan karakter kaum muda Indonesia.

Untuk menopang fungsi tersebut, Gugus Depan harus mampu mengatur diri sendiri dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu secara terus-menerus, baik masukan, proses pendidikan kepramukaan maupun keluaran berbagai program dan layanan yang diberikan kepada anggotanya,” paparnya.

Oleh karenanya, lanjut Djoko, guna menjamin keserasian, keselarasan dan kesinambungan dalam usaha pembinaan generasi muda melalui pendidikan kepramukaan, maka Gerakan Pramuka berusaha mengadakan hubungan yang erat dan kerjasama yang baik dengan orang tua dan guru peserta didik. Gugus depan dipimpin oleh Pembina Gudep, oleh sebab itu agar pelaksanaan di Gudep berjalan dengan baik maka perlu kursus Pembina Gugus Depan ini dirasa penting dilaksanakan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Pembina di masing-masing pangkalan Gudep guna melahirkan kader gerakan pramuka yang handal.“Melalui pelatihan dengan memberikan nilai education, refreshing dan inovasi dalam pengayaan pada pembekalan para pengelola gugus depan bertujuan untuk melahirkan pramuka yang handal,”ujarnya.

Djoko menjelaskan, pada kegiatan yang diselenggarakan pihaknya ini para peserta dibekali berbagai pengetahuan dengan kompetensi yang kreatif sehingga dalam pelaksanaan latihan pramuka di masing-masing gudep tidak lagi monoton. “Selain melalui kegiatan seperti ini, kedepan para pembina akan mendapatkan pelatihan melalui berbagai kegiatan lainnya seperti kursus Mahir dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan (KML) dan Karang Pamitran,”tukasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kursus pembina Gudep dapat memberikan wawasan dan pengalaman lewat praktek secara  praktis sebagai bekal untuk mengelola Gugus depan dan mengelola satuan pramuka Siaga, penggalang, Penegak dan Pandega. “Beberapa materi yang diberikan antara lain pengelolaan dan akreditasi Gudep, SKU, SKK, SPG, administrasi Satuan Gudep, Outbond dan sebagainya,” pungkas Joko. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar